Untuk Kamu yang Lulus SNMPTN, Segera Lakukan Ini!

Hai Sahabat Nata! Bagaimana nih hasil SNMPTN-nya? Untuk kamu yang lulus dan diterima di universitas pilihanmu, selamat ya! Tapi jangan lupa karena masih ada hal yang harus segera dikerjakan niih…

Menristekdikti menyampaikan informasi peserta yang dinyatakan lulus seleksi 85 perguruan tinggi negeri tahun ini sebanyak 92.331 siswa dari 478.608 siswa. Dari jumlah tersebut, 26.217 siswa berasal dari peserta Bidikmisi.

Terkait hal tersebut, Ketua LTMPT Prof Ravik Karsidi mengingatkan beberapa hal penting bagi siswa yang diterima dalam SNMPTN 2019:

1. Daftar ulang

Prof Ravik menambahkan kepada siswa yang dinyatakan lulus diwajibkan untuk hadir dalam registrasi (daftar ulang) pada waktu dan tempat sesuai dengan ketentuan masing-masing PTN.

“Kehadiran pada saat registrasi menentukan proses verifikasi dan status penerimaan peserta SNMPTN 2019 sebagai mahasiswa di PTN tujuan,” tambah Ketua LTMPT.

2. Verifikasi data

Lebih lanjut Ketua LTMPT menjelaskan peserta dinyatakan diterima PTN tujuan setelah lolos verifikasi data akademik meiputi rapor dan portofolio asli serta menunjukan ijazah/Surat Keterangan Tanda Lulus (SKTL) asli di PTN tujuan.

3. Mengecek PTN tujuan

Peserta yang lulus SNMPTN juga diminta segala hal terkait jadwal, ketentuan dan peraturan untuk proses daftar ulang dan verifikasi data yang dibutuhkan di laman PTN tujuan.

Ketidakcermatan dalam memenuhi ketentuan dapat berdampak pada status penerimaan.

4. Khusus penerima Bidikmisi

Khusus bagi penerima beasiswa Bidikmis Kemenristekdikti, selain verifikasi data akademik pihak PTN juga akan melakukan verifikasi data ekonomi.

Pihak PTN dapat melakukan pengecekan dan/atau kunjungan ke alamat tempat tinggal untuk memvalidasi status penerimaan sebagai mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi.

Wah, selamat ya untuk kamu yang sudah diterima di universitas pilihanmu! Untuk kamu yang masih belum diterima, jangan bersedih. Perjuangan masih belum berakhir, masih ada SBMPTN. Nah, sudah sampai mana nih persiapanmu untuk SBMPTN? Kalau kamu masih belum yakin dengan persiapanmu, kamu bisa bergabung di Nata Private. Di Nata Private, kamu akan mendapatkan guru privat yang akan membimbingmu belajar untuk menghadapi SBMPTN. Jadi tunggu apalagi? Yuk gabung.

Sumber:

https://edukasi.kompas.com/read/2019/03/22/15404711/jangan-tunda-lakukan-3-hal-ini-bila-kamu-lulus-snmptn-2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Halo kak, ada yang bisa kami bantu?
Powered by