Jasa Translate | Cara Menulis Abstrak Skripsi Bahasa Inggris: Tenses Apa yang Digunakan?

Bagaimana cara menulis abstrak skripsi yang baik dalam Bahasa Inggris?

Jasa Translate | Kali ini, Nata Translate akan mengulasnya satu per-satu tips “cara menulis abstrak skripsi: tenses Bahasa Inggris yang digunakan” yang baik!

1. Pahami Skrispi Kamu.

Abstrak itu mudah kok! Pastikan kamu memahami konten dari skripsi yang kamu tulis secara keseluruhan. Setidaknya, kamu harus memahami konteks apa yang diteliti didalam skripsi kamu, beserta bagaimana proses kamu melaksanakan penelitian tersebut. Karena abstrak merupakan penjelasan singkat mengenai skripsi yang kamu tulis.

2. Mulailah menulis abstrak dalam Bahasa Indonesia terlebih dahulu.

Secara umum, abstrak terdiri dari beberapa bagian penting, antara lain:

  • Latar Belakang Masalah
    Latar belakang masalah merupakan penjelasan singkat mengenai mengapa akhirnya kamu merasa tertarik untuk melakukan penelitian tersebut.    
     
  • Rumusan Masalah dan Tujuan
    Rumusan masalah dan tujuan ini adalah bagian yang menjelaskan apa permasalahan yang ingin kamu teliti. Lalu, apa tujuan dari penelitian kamu? 
     
  • Metode Penelitian
    Metode Penelitian ini adalah bagian yang menjelaskan bagaimana penelitian tersebut dilakukan. Bagian ini mencakup penjelasan apakah penelitian tersebut bersifat kualitatif (analisa) atau kuantitatif (berhubungan dengan angka dan perhitungan), alat apa yang digunakan, siapa saja dan berapa jumlah responden (apabila menggunakan responden), serta dari mana sumber data penelitian kamu diambil.   
     
  • Hasil dan Kesimpulan
    Lalu, tidak perlu bertele-tele lagi, langsung saja kamu menuliskan apa dan bagaimana hasil dari penelitian kamu.

3. Terjemahkan ke Bahasa Inggris.

Apabila abstrak Bahasa Indonesia kamu sudah jadi, maka inilah saatnya untuk masuk ke dalam bagian tersulit, yaitu menerjemahkan tulisan kamu ke dalam Bahasa Inggris.

“Gampang kok, kan gue jago Bahasa Inggris”, pikir banyak mahasiswa.

Ups, jangan salah. Bukan itu bagian tersulit dalam penulisan abstrak dalam Bahasa Inggris. Bagian yang seringkali menjadi kesalahan umum mahasiswa dalam penulisan abstrak Bahasa Inggris terletak pada kesalahan penggunaan tenses yang tepat. Hal inilah yang seringkali diremehkan oleh mahasiswa dan akibatnya malah ditolak mentah-mentah oleh Dosen Pembimbing.

Berikut adalah tenses penulisan abstrak skripsi yang tepat:

Present Tense umumnya digunakan pada bagian pendahuluan dan kesimpulan. Mengapa?

Karena bagian pendahuluan dan kesimpulan adalah bagian yang bersifat deskriptif. Tapi jangan sampai terkecoh ya, present tense tidak selalu berarti “Simple Present Tense” loh.

Bisa saja tenses yang lebih tinggi harus digunakan tergantung dengan tulisan dan konteks tulisan kamu, Present Perfect Continuous Tense merupakan tense yang paling umum setelah Simple Present Tense.

Past Tense digunakan pada bagian tujuan, metode, dan hasil. Mengapa?

Karena bagian ini menjelaskan tentang apa yang sudah kamu lakukan dalam penelitian tersebut. Tapi tetap jangan terkecoh juga ya, past tense juga tidak selalu berarti “Simple Past Tense” ya.

Pada akhirnya, pembagian tenses diatas hanya dapat digunakan sebagai acuan umum saja. Penggunaan tenses yang paling tepat memang harus disesuaikan dengan konteks kalimat.

Bingung? Jangan, berat. Kamu takkan sanggup. Biar aku saja :”) *Korban dilan*

Apabila Anda bingung di mana harus mencari jasa translator tersumpah yang terpercaya, maka Anda dapat menghubungi 081214140044 NATA TRANSLATOR. Anda dapat menyerahkan pekerjaan menerjemahkan dokumen-dokumen penting kepada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Halo kak, ada yang bisa kami bantu?
Powered by