Tahukan Kamu Kuda Laut Jantan Hamil dan Melahirkan?

Gimana nih Sahabat Nata? Pasti bingung ya? Di dunia ini, perempuan atau betina ditakdirkan untuk mengandung dan melahirkan. Namun, hal berbeda dialami kuda laut.

Kuda laut jantan hamil

Kuda laut mengalami hal yang sangat tidak umum di dunia binatang untuk hamil dan melahirkan. Para ahli bahkan tidak memiliki penjelasan mengapa kuda laut melalui pengalaman tersebut meski mereka berteori itu adalah cara kuda laut membantu anak mereka bertahan hidup.

Jangan salah, walaupun kuda laut jantan mengandung dan melahirkan, telur-telurnya tetap dihasilkan oleh kuda laut betina kok.

Meski kuda laut jantan yang mengandung, jangan salah bahwa mereka merupakan hermafrodit atau berkelamin ganda. Pejantan tetap membutuhkan telur yang disuntikkan ke kantong pejantan oleh betina ketika mereka kawin.

Kantong pejantan tersebut adalah organ yang sangat kompleks yang mampu mengatur suhu, aliran darat, serta salinitas air untuk telur ketika mereka menetas, sehingga bayi-bayi mereka siap dilahirkan di laut.

Teori lainnya yang menjelaskan mengapa pejantan yang mengandung adalah agar kuda laut lebih cepat membuat bayi. Sang betina mendepostikan telurnya yang siap dibuahi ketika kawin dengan pejantan sehingga mereka bisa membuat lebih banyak telur. Jadi ketika pejantan hamil, para betina memproduksi sel telur. Hal tersebut dilakukan agar ketika pejantan melahirkan, mereka siap disuntik telur lagi dan bisa hamil. Ini menghemat waktu dan energi para betina.

Menurut para ahli, ini adalah acara kuda laut untuk membagi beban. Membuat telur adalah hal yang membutuhkan banyak energi sehingga para betina perlu berkonsentrasi penuh. Sementara itu, para jantan mampu menyediakan “rumah” untuk bayi mereka.

Menariknya, rumah tersebut bisa dihuni lebih dari seribu bayi pada saat yang sama. Namun, hanya sekira lima dari mereka yang bertahan hidup hingga dewasa. Bayi-bayi tersebut sangat kecil dan tak bisa memakan plankton yang sama dengan orangtua mereka sehingga pilihan mereka sangat sedikit. Saking kecilnya, mereka juga terbawa arus laut dan terpelanting terkena batu.

Ternyata kuda laut itu unik sekali, ya! Selain kuda laut, masih banyak binatang yang punya keunikan tersendiri, lho. Kalau kamu penasaran dan butuh guru privat untuk belajar di rumah, Nata Private adalah pilihan yang telat. Yuk buruan gabung! Tinggal klik link ini saja untuk informasi selanjutnya, ya…

Sumber:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Powered by