Kenapa Harus Belajar Tahsin Alquran???

Related image
Komoditi.ID

Hai Sahabat NATA! Kamu tau ga arti dari tahsin? Kenapa kita harus belajar tahsin? Lalu apa manfaat dan keuntungan belajar tahsin? Kali ini kita akan kupas tuntas tentang Tahsin Alquran, yuk simak selengkapnya!

Alqur’an adalah sebuah kitab suci umat islam yang mempunyai kode etik dalam membacanya. Membaca Alqur’an tidak seperti membaca sebuah bacaan lainnya. Membaca Alqur’an harus tanpa nafas, maksudnya sang pembaca harus membaca dengan sekali nafas hingga kalimat tertentu atau hingga tanda tertentu yang dalam istilah ilmu tajwid dinamakan waqof. Jika pembaca berhenti pada tempat yang tidak seharusnya, maka dia harus membaca ulang kalimat atau kata sebelumnya.

Waqof artinya berhenti pada suatu kata ketika membaca Alqur’an. Baik berhenti di akhir ayat maupun di tengah ayat dan harus disertai nafas. Mengikuti tanda-tanda waqof yang ada di dalam Alqur’an, kedudukannya tidak dihukumi wajib syar’i bagi pembaca yang melanggar hukumnya. meskipun jika berhenti dengan sengaja pada kalimat tertentu yang dapat merusak arti dan makna yang dimaksud, maka hukumnya haram.

Jadi cara membaca Alqur’an harus disesuaikan dengan tanda-tanda waqof dalam Alqur’an atau disesuaikan dengan kemampuan si pembaca. Dengan syarat bahwa bacaan yang dibaca tersebut tidak berubah arti atau makna.

DEFINISI TAHSIN AL QURAN / TILAWAH

Related image
dream.co.id

Kata ‘tahsin’ secara bahasa artinya: memperbaiki, atau menghiasi, atau membaguskan, atau memperindah, atau membuat lebih baik dari semula. Adapun kata ’tilawah’ artinya : membaca, atau bacaan.

Adapun tilawah secara istilah membaca Al-Quran dengan bacaan yang menampakkan huruf-hurufnya dan berhati-hati dalam melafazhkannya, agar lebih mudah untuk memahami makna-makna yang terkandung di dalamnya. Dari definisi di atas maka bisa disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan ‘tahsin tilawah’ ialah upaya memperbaiki dan membaguskan bacaan Al-Quran dengan baik dan benar, hal itu sebagai realisasi dari firman Allah Jalla Jalaluh : “…Dan bacalah (olehmu) Al-Quran dengan tartil yang sebenar-benarnya.” (Al-Muzzammil/73:4).

Dalam ayat ini Allah Azza wa Jalla memerintahkan kepada kita agar membaca Al-Quran dengan tartil yang sebenarbenarnya, tidak membacanya dengan bacaan yang asalasalan. Untuk membaca dengan tartil yang sebenarbenarnya maka seorang muslim dituntut untuk mempelajari bacaan Al-Quran dengan baik dan benar, yang dalam hal ini disebut dengan istilah tahsin tilawah Al-Quran.

PERBEDAAN ANTARA TAHSIN DAN TAJWID

Related image
darulfithrah.com

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya bahwa tahsin tilawah ialah upaya memperbaiki dan membaguskan bacaan Al-Quran dengan baik dan benar sesuai dengan kaidahkaidah tajwid, hal itu sebagai bentuk realisasi dari firman Allah Azza wa Jalla yang artinya, “…Dan bacalah (olehmu) Al-Quran dengan tartil yang sebenar-benarnya.” (AlMuzzammil/73:4). Adapun tajwid menurut istilah ialah:

“Ilmu yang berfungsi untuk mengetahui bagaimana cara memberikan hak setiap huruf dan mustahaqnya, baik yang berkaitan dengan sifat, mad, dan yang lainnya, seperti tarqiq (tipis) dan tafkhim (tebal) dan selain keduanya.”

Maksud dari kalimat hak huruf ialah sifat asli yang selalu bersamanya, seperti al-hams, al-jahr, al-isti’la’, asy-syiddah, dan yang lainnya. Adapun yang dimaksud dari kalimat mustahaq huruf ialah sifat yang tampak sewaktu-waktu, seperti tafkhim, tarqiq, ikhfa’, dan lain sebagainya.

Dari dua pengertian yang telah disebutkan di atas bisa disimpulkan bahwa tajwid cenderung pada teori atau kaidah untuk mengetahui hukum-hukum bacaan Al-Quran, sedangkan tahsin merupakan aplikasi (praktek atau penerapan) dari teori atau kaidah-kaidah tajwid. ltulah perbedaan antara tajwid dan tahsin.

Tajwid = teori atau kaidah untuk mengetahui bagaimana memberikan hak setiap huruf dan mustahaqnya.

Tahsin = praktik dari hukum-hukum tajwid.

HUKUM MEMPELAJARI TAJWID DAN TAHSIN

Related image
kabarmakkah.com

Sebagaimana tajwid dan tahsin memiliki perbedaan dalam hal subtansinya, maka ia pun memiliki perbedaan dalam hal mempelajarinya. Hukum mempelajari ilmu tajwid adalah fardhu kifayah, sedangkan mempelajari tahsin hukumnya fardhu ‘ain (wajib) atas setiap muslim. Sebagaimana disebutkan oleh para ulama’ :

“Mempelajarl llmu tajwid hukumnya fardhu kilayah sedangkan hukum membaca Al Quran sesuai dengan kaidah tajwid ialah fardhu ain bagi setiap muslim dan muslimah.”

Imam lbnul Jazari rahimahullah menguatkan hal ini dalam nadzamnya:

Membaca Al-Quran sesuai dengan kaidah tajwid hukumnya wajib. Barangsiapa yang membaca Al-Quran tidak sesuai dengan kaidah tajwid maka ia berdosa. Karena dengan tajwid-lah Allah menurunkan Al-Quran. Dan, demikianlah Al-Quran telah sampai kepada kita dari-Nya.

Tidak diragukan lagi bahwa yang dimaksud dengan membaca Al-Quran sesuai dengan kaidah tajwid adalah tahsin tilawah. Maka wajib atas setiap muslim untuk mempelajari tahsin dengan baik dan benar. Karena tidaklah mungkin seseorang bisa membaca Al-Quran dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah tajwid kecuali dengan mempelajari tahsin.

Berapa banyak orang yang menguasai ilmu tajwid di luar kepala, tapi ternyata bacaannya sangat jauh dari kaidah-kaidah tajwid. Sebaliknya berapa banyak orang yang tidak menguasai ilmu tajwid, tapi ternyata bacaannya jauh lebih bagus daripada orang yang telah menguasai tajwid. Maka mempelajari tahsin menjadi sebuah kewajiban bagi setiap muslim.

Nah itu dia artikel mengenai tahsin Al-Quran. Apa kamu tertarik untuk mempelajari lebih dalam? Kalian juga bisa belajar secara langsung kepada Ustad atau Muslim Muslimah yang sudah bisa dan lancar dalam membaca Al Qur’an, agar kalian cepat dan lancar dalam membaca Ayat Ayat Al Qur’an.

Kamu juga bisa memanggil guru privat mengaji ke rumah. Kami NATA Private menyediakan jasa guru les privat mengaji untuk anak-anak, remaja ataupun dewasa. Berminat? Langsung aja hubungi Admin 081214140044

Les privat tahsin Alquran BandungLes privat tahsin Alquran SukajadiLes privat tahsin Alquran Antapani, Les privat tahsin Alquran Geger KalongLes privat tahsin Alquran Sukajadi,
Les privat tahsin Alquran Buah Batu

Sumber: komoditi.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Powered by