Prinsip Utama dalam Belajar Bahasa Asing | PRINSIP 3

Hai Sahabat NATA! Di artikel sebelumnya kita telah mengetahui jenis-jenis motivasi dan persiapan seseorang dalam belajar bahasa asing. Pada kesempatan kali ini kami mau berbagi tips dengan kamu tentang bagaimana proses belajar yang tepat dalam mempelajari bahasa asing, agar proses belajar kalian bisa betul-betul efektif dan tepat sasaran.

Setelah motivasi dan persiapan sudah mantap, baru deh, masuk ke proses belajar. Dalam memulai belajar kamu harus memerhatikan hal-hal berikut:

Related image
Sumber: 2ser

A. Vocabulary

Related image
Sumber: notsowimpyteacher.com

Vocabulary atau kosakata mau tidak mau harus dihapal. Gimana caranya? Mulai dari kosakata sehari-hari, lebih bagus lagi kalau dipelajari secara tematik, misal lingkungan, keluarga, hobi, pekerjaan, dll. Supaya lebih bagus, buatlah list kosakata yang dikelompokkan menjadi kata kerja, kata benda, kata sifat, dll., ini akan mempermudah kamu dalam menyusun kalimat.

Sekarang ini sudah semakin banyak software, apps, dan website yang memfasilitasi kamu agar mudah menyerap vocab bahasa asing dengan efisien dan cepat. Contohnya seperti Duolingo.

B. Grammar

Related image
Sumber: yp.scmp.com

Grammar atau tata bahasa yang harus dipelajari meliputi Fonologi (cara ucap), Morfologi (cara membentuk kata), Sintaksis (aturan kalimat), Fonetik (bunyi dan simbol), Semantik (pemahaman makna), serta Pragmatika (pemaknaan konteks). Semua itu adalah aspek yang perlu dipelajari kalau kamu mau penguasaan bahasa kamu betul-betul menyeluruh, gak pincang cuma bisa reading doang atau listening doang.

Kok ribet, ya? Nggak juga. Apalagi kalau motivasi belajar kamu sudah berada di kuadran III-IV, sebetulnya mempelajari hal-hal ini justru bisa menjadi hal yang menantang dan menyenangkan, loh!

C. Praktik

Related image
Sumber: bornrealist.com

Praktik dalam belajar bahasa meliputi membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan. Di bagian ini biasanya sering terjadi miskonsepsi atau salah kaprah. Berikut adalah 2 kesalahan umum yang seringkali terjadi:

Kesalahan 1: “Yang penting berani ngomong dulu, grammar belakangan.”

Banyak orang awam (bahkan sebagian pendidik) yang mengatakan:

yang penting berani ngomong dulu, grammarnya salah-salah nggak apa-apa, yang penting lawan bicara ngerti. Tabrak aja dulu, yang penting berani ngomong”

Memang betul bahwa ada bagusnya “jangan takut salah” jika pada tahap awal kita belajar masih kurang percaya diri. Namun dalam praktiknya, prinsip ini seringkali menjadi justifikasi atau disalahgunakan untuk tidak berkembang menjadi lebih baik lagi (baca: berbahasa dengan benar). Kebiasaan pembelajar di Indonesia adalah malas mengoreksi dan dikoreksi, sehingga sering banget membiarkan kesalahan berbahasa menjadi kebiasaan yang dimaklumi. Jangan takut mengoreksi atau dikoreksi, karena hal itu hanya akan menghambat kemajuan kita sendiri dalam belajar bahasa asing.

Kesalahan 2: “Yang penting bisa ngomong aja, nggak usah bisa baca-tulis.”

Kesalahan umum yang kedua, tidak jarang juga orang yang hanya ingin menguasai speaking & listening dalam bahasa asing, tapi tidak mau mengasah kemampuan membaca dan menulisnya. Mungkin menurut mereka, jika hanya mempelajari speaking & listening saja, bisa menghemat waktu yang dibutuhkan untuk menguasai sebuah bahasa asing.

Menurut gua ini juga cara belajar yang keliru. Ibarat mau belajar masak sup ayam, tapi gak mau belajar motong wortel dan daun bawang, Cuma mau rebus ayamnya aja. Dalam praktiknya, mereka yang hanya ingin belajar speaking & listening saja tidak akan efisien dalam belajar, karena bahan referensi untuk mempelajari bahasa tersebut jadi sangat terbatas, karena gak mau belajar baca-tulis. Ujung-ujung, mereka yang hanya fokus pada aspek speaking & listening saja, seringkali akan terhambat dalam belajar dan bisa jadi kalah cepat dengan yang belajar secara menyeluruh.

Nah itu dia proses belajar yang tepat dalam mempelajari berbahasa asing. Sudah tepatkah proses belajar kamu sekarang? Apakah kamu tertarik untuk meningkatkan kemahiran berbahasa mu? Kami NATA Private siap membantu kamu mengasah kemampuanbahasa asingmu dengan menyediakan jasa guru privat bahasa asing dan jasa translator bahasa asing terbaik untuk kamu.  Berminat? Langsung aja hubungi admin 081214140044.

Sumber: zenius.neti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Halo kak, ada yang bisa kami bantu?
Powered by