Pertanyaan-pertanyaan seputar SBMPTN 2019 serta Jawabannya!

Hai pejuang PTN 2019, bagaimana persiapan kalian dalam menghadapi SBMTN tahun ini? Semoga semua berjalan lancar dan siap menyongsong hari pelaksanaan ujian berbasis komputer, ya.

Nah, untuk mendukung langkahmu menyiapkan diri menjelang SBMPTN 2019, kali ini Admin NATA PRIVAT akan menyajikan info-info penting dan krusial yang kerap ditanyakan berulang kali terkait SBMPTN alias FAQ SBMPTN 2019. Sudah siap?! Mari kita mulai!

1. Bagaimana Tata Laksana Pelaksanaan SBMPTN 2019?

SBMPTN 2019 dibagi menjadi dua tahap, yaitu tahap Ujian Tulis Berbasis Komputer yang dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu antara 13 April – 26 Mei 2019, dan pendaftaran ke jurusan PTN sasaran.

2. Kapan Pelaksanaan UTBK SBMPTN 2019?

Pelaksanaan UTBK 2019 jatuh setiap hari Sabtu dan Minggu antara 13 April – 26 Mei 2019. Proses Pendaftaran PTN sendiri dapat dilakukan selama dua minggu, antara 10 – 24 Juni 2019

3. Siapa Saja yang Berhak Mengikuti SBMPTN 2019?

Untuk tahap UTBK, semua Siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 pada tahun 2019 atau peserta didik Paket C tahun 2019, alumni SMA/MA/SMK/Sederajat tahun 2017/2018, dan lulusan Paket C tahun 2017 dan 2018. Untuk SBMPTN 2019, selain prasyarat di atas, syarat lain adalah memiliki nilai hasil UTBK, memiliki ijazah SMA (untuk lulusan satu tahun sebelumnya), dan tidak lulus SNMPTN.

4. Kapan Tenggat Pendaftaran SBMPTN 2019?

Untuk UTBK dibuka satu bulan masa pendaftaran antara 1 Maret – 1 April 2019. Proses Pendaftaran PTN sendiri dapat dilakukan selama dua minggu, antara 10 – 24 Juni 2019 (setelah Nilai UTBK keluar).

Sumber: www.quipper.com

5. Bagaimana Tata Cara Pendaftaran SBMPTN 2019

A) Pendaftaran UTBK:

  • Mendaftar melalui laman https://pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.id. Gunakan NISN dan NPSN untuk mendapatkan username dan password.
  • Mengunggah pas foto berwarna terbaru, mengisi data, memilih jenis dan sesi ujian, serta lokasi Pusat UTBK PTN untuk mendapatkan slip pembayaran UTBK.
  • Membayar di Bank Mandiri, Bank BNI, atau Bank BTN menggunakan slip pembayaran kecuali bagi pendaftar Bidikmisi. Pembayaran harus dilakukan paling lambat 1 x 24 jam.
  • Melakukan login ke laman pendaftaran di https://pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.id untuk mencetak kartu peserta UTBK.

B) Pendaftaran SBMPTN:

Kunjungi laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id dengan cara sebagai berikut:

  • Mengisi Biodata (kecuali peserta yang sudah terdaftar di SNMPTN 2019).
  • Memilih PTN dan program studi dengan ketentuan bahwa pendaftar dapat memilih paling banyak dua PTN dan memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN.
  • Mengunggah portofolio bagi pendaftar yang memilih program studi bidang seni dan olahraga. Tata cara pengisian borang portofolio dapat diunduh dari laman http://download.sbmptn.ac.id.
  • Mengunggah dokumen lain sesuai dengan persyaratan pendaftaran SBMPTN 2019.

6. Ada Berapa Tahap Metode Seleksi di Dalam SBMPTN 2019?

Tiga tahap untuk jurusan keterampilan semacam olah raga dan seni dan dua tahap untuk jurusan berbasis sains atau sosio-humaniora. Dua tahap yang pasti dialami oleh semua adalah Tes Potensi Skolastik dan Tes Potensi Akademik. Satu tahap tambahan untuk peminat jurusan keterampilan adalah Seleksi Portofolio.

7. Kapan Pengumuman Nilai Hasil SBMPTN 2019?

Pengumuman nilai hasil tahap UTBK 2019 maksimal dilakukan 10 hari setelah tanggal ujian berlangsung. Sementara pengumuman kelulusan SBMPTN, atau tahap pendaftaran PTN akan dilakukan pada tanggal 9 Juli 2019.

Nah, bagaimana sahabat NATA, cukup jelas kan semua informasi-informasi mendasarnya? So, FAQ SBMPTN 2019 sudah terjawab semua dalam artikel ini, ya. Kalau kamu masih belum yakin dan mau terus mendapatkan update terbaru, buka terus NATA PRIVAT. Tetap semangat, ya!

.

Sumber:

ltmpt.ac.id

sbmptn.ltmpt.ac.id

quipper.com

nasional.kompas.com

wartakota.tribunnews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Halo kak, ada yang bisa kami bantu?
Powered by