Baju Putih Menjadi Kuning? Ini Dia Penyebabnya!

Image result for white shirt hd
www.videoblocks.com

Apakah baju-baju putih Anda jadi bernoda kekuningan di bagian ketiak? Anda tidak sendirian, kok. Noda keringat warna kuning di baju sudah jadi masalah yang cukup umum ditemui. Biasanya hal ini tidak berbahaya bagi kesehatan. Akan tetapi, keringat warna kuning juga mungkin disebabkan oleh kondisi klinis. Untuk memastikan mengapa keringat Anda meninggalkan bekas noda kuning di baju, simak terus informasi berikut ini.

Apa warna keringat manusia?

Related image
Stack.com

Dalam keadaan yang normal, keringat manusia seharusnya bening atau tidak berwarna. Keringat diproduksi oleh kelenjar keringat yang terdapat di bawah lapisan kulit Anda. Tak seperti urin yang mengandung pigmen (zat perwarna) khusus bernama urokrom dan zat-zat sisa lainnya, keringat yang normal tidak mengandung pigmen. Maka, keringat manusia warnanya bening seperti air putih.

Lalu apa penyebab keringat jadi berwarna kuning di baju?

Keringat memang bisa berubah warna jadi kekuningan. Untuk mencari tahu penyebab keringat warna kuning, perhatikan dua alasan berikut.

Reaksi kimia

Image result for chemistry reaction
sciencing.com

Noda keringat warna kuning di baju Anda biasanya tidak disebabkan oleh penyakit atau kelainan. Penyebabnya justru deodoran yang Anda pakai. Keringat Anda terdiri dari beragam jenis protein dan mineral. Ketika protein dan mineral ini bertemu dengan aluminium, yaitu salah satu kandungan deodoran yang berfungsi untuk menekan produksi keringat, terjadilah suatu reaksi kimia yang mengubah struktur keringat Anda. Akibatnya, keringat yang sudah diproduksi oleh kelenjar keringat berubah jadi kuning. Keringat warna kuning ini akan kemudian diserap oleh kain pakaian Anda dan meninggalkan noda.

Chromhidrosis

Di samping reaksi kimia yang kerap terjadi, ada sebuah kondisi langka yang bisa membuat keringat seseorang jadi kuning, oranye, atau kehijauan. Kondisi langka tersebut adalah chromhidrosis. Hingga saat ini, belum diketahui secara pasti apa penyebab chromhidrosis.

Ada dua kelenjar yang mengendalikan produksi keringat Anda, yaitu kelenjar apokrin dan kelenjar ekrin. Pada kasus chromhidrosis apokrin, biasanya keringat yang diproduksi mengandung pigmen lipofuscin yang menyebabkan perubahan warna keringat jadi kekuningan. Biasanya bagian tubuh yang paling terpengaruh chromhidrosis apokrin adalah area ketiak, selangkang, areola puting, hidung, dan kelopak mata.  

Sementara itu, chromhidrosis ekrin bisa terjadi pada bagian tubuh mana pun. Namun, kondisi ini lebih jarang terjadi dibanding chromhidrosis apokrin. Umumnya, chromhidrosis ekrin terjadi setelah seseorang mengonsumsi pewarna makanan atau obat-obatan tertentu.

Mencegah keringat warna kuning pada baju

Related image
phocuswire.com

Noda keringat warna kuning pada pakaian bisa memengaruhi kepercayaan diri Anda. Untuk mencegahnya, pastikan Anda melakukan langkah-langkah berikut.

  • Gunakan deodoran yang kandungan aluminiumnya tidak terlalu kuat dan banyak. Biasanya pada kemasan deodoran, tercantum keterangan “bebas noda”.
  • Untuk mengurangi produksi keringat, cukur bulu ketiak secara berkala.
  • Jika keringat warna kuning muncul pada lengan atau bagian kulit lain pada tubuh Anda, segera hubungi dokter.

Nah itu dia beberapa kemungkinan kenapa baju putih menguning. Ternyata bisa dijelaskan secara sains lho! Yuk ikuti fakta-fakta menarik lainnya seputar sains dalam kehidupan sehari-hari di Nata Private! Kami juga menyediakan guru privat ipa terbaik untuk kamu, hubungi Admin di 081214140044.

Les Privat IPA Sukajadi, Les Privat IPA Sarijadi, Les Privat IPA Antapani, Les Privat IPA Buah Batu, Les Privat IPA Ujung Berung, Les PrivatIPA Arcamanik, Les Privat IPA Geger Kalong

Sumber: hellosehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Halo kak, ada yang bisa kami bantu?
Powered by