Bagaimana Ya Cara Lebah Memilih Ratunya?

Hai Sahabat Nata! Tahukah kamu bahwa lebah memiliki seorang ratu? Di sebuah koloni lebah, kamu akan selalu melihat satu ratu yang memiliki ukuran paling besar dan berkuasa. Tugasnya adalah kawin dengan para pejantan dan menghasilkan banyak telur. Namun bagaimanakah seekor lebah bisa menjadi ratu dalam sarangnya?

Ada beragam alasan menjadi penyebab seorang ratu harus dipilih. Misalnya, ratu yang sebelumnya sudah tua, menghilang, atau mati. Koloni ini juga harus memilih ratu baru ketika mereka ingin membuat koloni baru karena sarang mereka terlalu padat.

Ratu Lebah

Lalu bagaimana cara memilih Ratu lebah?

Ratu baru biasanya dipilih dari salah satu telur ratu yang berusia minimal tiga hari. Setelah menjadi larva, mereka akan diberi cairan khusus yang disebut royal jelly sebagai sumber makanan. Cairan ini berguna untuk membuat calon ratu memiliki ukuran yang lebih besar dan mampu menjalankan tugasnya. Royal jelly ini adalah cairan yang dibuat dari campuran dari serbuk sari dan madu atau nektar. Cairan ini mengandung nutrisi yang sangat baik yaitu protein, serta berbagai vitamin dan mineral.

Larva Lebah yang diberi Royal Jelly

Setelah tiga hari larva memakan royal jelly, lebah pekerja betina akan memilih beberapa larva dan tetap memberinya royal jelly.Nah, larva lainnya kemudian hanya makan madu, serbuk sari, dan air.

Larva yang masih makan royal jelly akan mengalami perkembangan yang berbeda dari larva biasa, teman-teman. Ratu lebah yang pertama kali lahir akan merusak larva lainnya yang masih berkembang.

Bagaimana kalau ada dua Ratu Lebah yang lahir dalam waktu bersamaan, ya? Rupanya mereka akan bertarung untuk memperebutkan tahta. Kemudian selama hidupnya Ratu Lebah akan terus makan royal jelly.

Semakin dewasa, Ratu Lebah juga memiliki ciri fisik yang berbeda yaitu ukuran tubuh yang lebih besar serta memiliki corak dan warna tubuh yang berbeda dari lebah lainnya.

Begitulah bagaimana seekor lebah bisa menjadi Ratu, teman-teman! Hmm, bagaimana dengan binatang lain ya? Apakah binatang lain punya pemimpin juga seperti lebah? Yuk kita cari tahu bersama! Kalau kamu butuh guru untuk belajar bersama di rumah, Nata private adalah jawabannya. Bersama Nata Private, kamu bisa belajar bersama guru yang asik dan menyenangkan. Untuk informasi lebih lanjutnya tinggal klik link ini saja, ya.

Sumber:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Halo kak, ada yang bisa kami bantu?
Powered by