Alasan Segmentasi Pasar Internasional

Tujuan segmentasi pasar adalah memecah pasar untuk produk atau layanan ke dalam kelompok konsumen yang berbeda dan menunjukkan respons berbeda terhadap program bauran pemasaran perusahaan. Dengan cara itu, perusahaan dapat menyesuaikan bauran pemasarannya ke setiap segmen individual, dan, karenanya, melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam memenuhi kebutuhan segmen target. Tujuan ini juga berlaku dalam konteks pemasaran internasional. Dalam pengertian itu, segmentasi pasar adalah hasil pengembangan yang logis dari konsep pemasaran.

Persyaratan untuk segmentasi pasar yang efektif dalam konteks pemasaran domestik juga berlaku dalam segmentasi pasar internasional. Secara khusus, segmen idealnya harus memiliki beberapa ciri berikut ini:

  1. Dapat diidentifikasi. Segmen harus mudah didefinisikan dan diukur. Kriteria ini mudah dipenuhi untuk karakteristik negara yang “obyektif” seperti variabel sosioekonomi (misalnya, pendapatan per kapita). Namun, ukuran segmen berdasarkan nilai atau indikator gaya hidup biasanya lebih sulit untuk diukur.
  2. Cukup besar. Segmen harus cukup besar untuk layak dicoba. Perlu dicatat bahwa teknologi modern seperti manufaktur yang fleksibel memungkinkan perusahaan untuk melonggarkan kriteria ini. Bahkan, banyak segmen yang mungkin dianggap terlalu kecil dalam konteks satu negara menjadi menarik setelah digabungkan dalam lintas batas.
  3. Dapat diakses. Segmen juga harus mudah dijangkau melalui kegiatan promosi dan distribusi. Perbedaan dalam kualitas distribusi (misalnya, kondisi jalan, fasilitas penyimpanan) dan infrastruktur media (contoh, Penetrasi Internet) menyiratkan bahwa segmen tertentu mungkin sulit dijangkau di beberapa negara dan mudah ditargetkan di pasar lain.
  4. Stabilitas. Jika target pasar mengubah komposisi atau perilaku mereka dari waktu ke waktu, kegiatan pemasaran yang dirancang untuk target ini cenderung tidak akan berhasil.
  5. Responsif. Agar segmentasi pasar menjadi berarti, penting bahwa segmen tersebut merespons secara berbeda satu sama lain untuk bauran pemasaran yang berbeda.
  6. Dapat dilaksanakan. Segmen dapat ditindaklanjuti jika bauran pemasaran yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan mereka bersifat konsisten dengan tujuan dan kompetensi inti perusahaan.

Lalu, pertimbangkan alasan utama mengapa pemasar internasional menerapkan segmentasi pasar internasional.

Apabila Anda bingung di mana harus mencari jasa translator tersumpah yang terpercaya, maka Anda dapat menghubungi 081214140044

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Halo kak, ada yang bisa kami bantu?
Powered by