Tips-Tips Gereget Memilih SMA Atau SMK

Halo Sahabat NATA, kamu siswa/siswi SMP yang mau masuk SMA/SMK ? Tapi bingung mau pilih sekolah dimana? Jangan khawatir, artikel kali ini mengangjkat topik yaitu tips memilih anatara SMA/SMK/sederajat yang baik, terarah dan tepat sasaran.

Sebagaimana kita ketahui, pendidikan menjadi hal yang penting sangat penting dan krusial bagi masyarakat. Pendidikan yang kita tempuh saat ini akan membentuk pribadi dan jalan hidup kita ke depannya. Oleh karena itu, jangan sampai salah dalam memilih sekolah lanjutan yah.

Di bawah ini sudah ada beberapa tips–tips yang bisa dicoba, langsung liat yukk!

  1. Diskusikan dengan Orang Tua

Orangtua selalu menginginkan dan tahu apa yang terbaik untuk putra-putrinya Bagi kamu yang akan lulus SMP dan memilih sekolah yang lebih tinggi yaitu SMA/SMK, diskusikan terlebih dahulu dengan orangtua dan dengarkan nasehat dan saran mereka. Ingat, ridho Allah tergantung ridho orangtua lho! Jika pilihanmu sejalan dengan orantua, maka bersyukurlah. Tetapi jika ternayta beda, yakinkanlah dengan bahasa yang sopan tanpa menyakitinya. Berikan alasan-alasan kuat mengapa kamu memilih sekolah tersebut dengan bahasa lembut.

  1. Shalat Istikharah

Bagi kawan yang beragama Islam, alangkah baiknya jika menyempatkan diri untuk melakukan shalat Istikharah karena Insya Allah dengan ditunaikannya shalat ini, Allah akan memberikan petunjuk yang terbaik bagi hamba–Nya yang sedang kebingungan.
Selain itu, sholat Tahajjud juga bisa menjadi salah satu cara memohon agar dimudahkan segala urusannya khususnya dalam melanjutkan pendidikan. Jangan lupa berdoa ya dan minta petunjuk agar diberikan jalan dan kemudahan 🙂

  1. Lihat Passion Kamu

Kamu suka ha-hal berbau komputer? atau kegiatan memasak? atau bahkan terkagum-kagum dengan laboratorium? sudah pasti, masuk SMK saja karena di SMK itu kejuruan atau keahlian kalian akan lebih diasah dengan sarana belajar yang teredia disana.

Lain cerita kalu memang kamu memang belum menentukan passion dan minta kamu, ya kamu bisa ambil SMA. SMA  juga terbagi 2 loh, ada jurusan IPA dan IPS. Kalau kamu lebih suka hitungan dan eksak lebih baik kamu masuk ke jurusan IPA, sedangkan jurusan IPS lebih cocok untuk orang tertarik dengan sosial, komunikasi, geografi atau bahkan ekonomi.

  1. Pertimbangkan Biayanya

Sebenarnya saya percaya bahwa rezeki sudah ada yang mengatur, meskipun seandainya kamu berasal dari keluarga yang kurang mampu tapi kalau Allah berkehendak maka bisa saja kamu sekolah di sekolah yang elit sekalipun. Jika suah seperti ini, kita sebagai manusia hanya tinggal mengikuti karena itulah kehendak Allah dan itulah yang terbaik untuk kita.

Tetapi ingat, tugas manusia adalah berusaha, jadi kita tetap harus mempertimbangkan dan memperhitungkan biayanya. Kita harus melihat situasi dan kondisi keuangan keluarga kita saat ini, tanyakan juga kesanggupan orangtua kita.

  1. Tentukan Mau Kuliah atau Kerja

“Kan baru nentuin SMA / SMK / sederajat, mengapa harus milih kerja atau kuliah?”
SMA dan SMK memiliki spesifikasi yang berbeda. SMA dirancang khusus untuk melanjutkan studi ke tingkat yang lebih tinggi lagi yaitu perguruan tinggi atau universitas.

Sedangkan SMK memang diperuntukkan untuk bekerja dan mandiri, walaupun dewasa ini siswa SMK juga banyak yang memutuskan untuk kuliah karena tidak semua ingin langsung bekerja. Kalau seandainya kamu memang berniat kuliah, pilih SMA akan lebih baik dibandingkan SMK.

Gimana, sekarang masih bingung ga mau melanjutkan ke SMA/SMK? Semoga informasi diatas bisa membantu kamu yang sedang galau yah 🙂 Nah buat kalian yang nanti saat melanjutkan ke SMA/SMK butuh privat mapel SMA daerah bandung, kami NATA Privat menyediakan privat untuk mata pelajaran yang kamu butuhkan. Berminat? bisa langsung hubungi kontak disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *