Tips Latihan Biola untuk Pemula

Halo Sahabat NATA, artikel kali ini tentang kalian yang ingin bisa bermain biola atau yang sedang berusaha ingin bisa main biola dengan baik. Ada tips nya loh, yuk kita lihat!

Tips ini untuk para pemula yang belajar pada awal-awal bermain biola. Pada sebelumnya saya telah memperkenalkan bagian-bagian biola dan posisi dasar bermain biola.

Pada awalnya pemula akan sulit menguasai posisi dasar bermain biola, namun bila dilatih maka akan mudah. Setelah berhasil menguasai posisi dasar secara sempurna kemudian dimulai dari latihan bermain biola dasar.

Bagaimana melakukannya? Tidak sulit! Pada awalnya latihan dimulai dari hanya menggesek senar A. Senar A terletak pada urutan ke 2 setelah senar E, dilihat dari senar G terletak pada urutan ke 3. Bisa dilihat contoh gambar senar A dari gambar senar A biola dibawah ini.

Latihan dilakukan dengan cara menggesek senar A secara berulang-ulang.
Latihan dilakukan dalam durasi awal-awal 15 menit setiap hari. (Latihan ini dapat ditambah durasinya sesuai dengan kemampuan masing-masing pribadi)

Lakukanlah latihan ini dengan ketukan:

* 4 ketuk/*bow
* 2 ketuk/bow
* 1 ketuk/bow
* 1/2 ketuk/bow

*keterangan: per bow = per satu gesekan penuh.

Lakukan latihan ini secara berulang-ulang hingga bow hanya fokus mengenai senar A saja.

Setelah bow hanya fokus mengenai senar A saja, mungkin kamu akan jenuh dengan latihan ini, kamu dapat mencoba latihan gesek ini ke senar D, G, dan E.

Bila kamu telah melakukan latihan ini, mungkin kamu akan bingung, apa tujuan dari latihan ini?

Tujuan dari latihan menggesek ini adalah sebagai berikut:

1.melatih akurasi bow pada senar

Mengapa pada awal latihan harus di senar A?
pada awal latihan harus di senar A karena senar A merupakan senar yang posisinya paling berdekatan dengan senar D dan E. Bila akurasi tidak mulus maka akan mengenai senar D dan E.

  1. Mengasah dan mengenali kemampuan menggesek awal

Pada awal menggesek biola pastinya tidak akan sehalus para pemain biola senior. Tentunya ada proses pembelajaran dari hari ke hari. Tujuan ini berguna untuk mengasah kemampuan dasar dan mengenali gesekan pada awal belajar biola.

Pada awalnya pergelangan tangan kamu masih kaku dalam bermain biola. Untuk mengefektifkan pembelajaran ini sangat disarankan untuk melatih kelenturan pergelangan tangan. Latihan kelenturan pergelangan tangan ini pasti akan terasa sangat berguna dalam proses pembelajaran.

Selamat Mencoba! Semoga informasi diatas bisa membantu kamu yang lagi usaha banget pengen bisa main biola. Tapi kalau mkalian butuh bimbingan guru pribat biola yang datang kerumah, bisa banget nih hubungi kami NATA Privat yang menyediakan guru privat biola yang bisa datang kerumahmu. Lnagung aja kalu berminta hubungi kontak kami disini

Sumber http://musisiclass1.blogspot.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *