Tips Ajarkan Bahasa Asing Kepada Anak Sejak Dini

Halo Sahabat NATA, di era millennial ini menjadi penting untuk mengajarkan bahasa asing kepada anak mulai dari usia dini. Sedikit demi sedikit saja ajarkan kepada anak, agar mudah ditangkap oleh anak. Kenapa penting ajarkan bahasa asing sejak dini? supaya kelak jika sudah tumbuh dewasa, anak akan terbiasa dengan bahasa asing dan ga akan ketinggalan jaman pastinya. Ini ada beberapa tips untuk ajarkan bahasa asing kepada anak sejak dini :

  1. Pilih Bahasa yang Kita Kuasai
    Bagaimana mungkin kita bisa mengajarkan bahasa asing bila kita sendiri tidak begitu menguasainya? Oleh sebab itu, pilihlah bahasa asing yang sungguh-sungguh kita kuasi untuk dapat diajarkan kepada anak. Setidaknya kita tahu bagaimana mengucapkan kata-kata dalam bahasa tersebut. Lebih baik lagi jika kita mampu berkomunikasi secara aktif menggunakan bahasa tersebut.
  2. Berkomunikasi dengan Anak Menggunakan Bahasa Asing
    Cara terbaik dan tercepat untuk dapat menanamkan bahasa asing kepada anak yaitu dengan berkomunikasi secara langsung menggunakan bahasa asing tersebut. Sebagai contoh, kita bisa memberikan instruksi dalam bahasa tersebut, misalnya ketika meminta anak untuk duduk. Alih-alih berkata, “Duduk,” kita bisa berkata “Sit down” atau kata dalam bahasa asing lainnya. Meski diperbolehkan langsung berkomunikasi menggunakan bahasa asing dengan anak, untuk tahap awal tentu sifatnya baru sebatas pengenalan terlebih dahulu. Lakukan komunikasi dalam bahasa asing kepada anak secara bertahap, pelan-pelan dari tingkat yang paling mudah terlebih dahulu.
  1. Gerak Tubuh
    Ketika mengajarkan kata kerja berbahasa asing, kita dapat menggunakan gerak tubuh atau gesture. Sebagai contoh, ketika meminta anak untuk tidur, kita dapat berkata, “Let’s sleep.” Buatlah gerak tubuh ketika kita mengucapkan kata ‘sleep’, misalnya dengan menangkupkan kedua tangan, lalu meletakkannya di pipi sambil memiringkan kepada dan menutup mata. Ajak anak untuk ikut mencontoh gerak tubuh kita sehingga ia pun dapat lebih jelas menangkap maksud kita.
  2. Program Televisi Berbahasa Asing
    Sesekali, putarlah program favorit anak atau film kesukaan anak dalam bahasa asing. Lama kelamaan sang anak pasti terbiasa mendengarkan kalimat-kalimat yang dilontarkan dalam program atau film tersebut. Untuk hal ini, tentunya orang tua perlu mendampingi anak saat anak sedang menonton acara televisi. Sambil menemani anak menonton TV, Anda bisa mengenalkan dan mengulangi kata-kata yang diucapkan di televisi. Misalnya untuk bahasa Inggris, saat melihat hewan kucing dan di TV disebutkan “cat” Anda bisa langsung menegaskan kembali kepada anak bahwa kucing dalam bahasa Inggris disebut “cat”. Cara ini efektif digunakan untuk mulai mengajarkan bahasa asing kepada anak karena anak menjadi lebih ingat dan mengerti dengan apa yang ditontonnya.
  1. Ajarkan Satu Kata dalam Sekali Waktu
    Ketika mengajarkan bahasa asing kepada anak usia balita, jangan langsung memberinya daftar kosa-kata yang harus dipelajarinya. Ajarilah satu kata dalam sekali waktu sampai ia benar-benar memahami dan bisa mengucapkan kata tersebut dengan baik (tentu dengan logat anak usia balita). Tak perlu kita mengajari bagaimana mengeja kata tersebut, apalagi memintanya untuk menuliskannya. Yang diperlukan anak usia balita adalah pengenalan kata. Cobalah untuk menunjukkan suatu gambar, misalnya gambar kelinci, dan mengucapkannya dalam bahasa asing.

Itulah beberapa tips untuk jarkan bahasa asing kepada anak sejak dini. Selain itu bisa juga melalui les privat bahasa asing, kalau ingin privat tapi  gamau keluar rumha ini solusinya. Kami NATA Privat menyediakan jasa guru privat bahasa asing dan jasa translator bahasa asing tebaik. Berminat? Bisa langsung hubungi kontak Admin 081214140044.

Sumber ; informasitips.com

Gambar : Beritagar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *