Tingkatkan Daya Ingat dengan Belajar Musik

Hai Sahabat Nata! Kalian tau gak sih kalau bermain alat musik itu banyak manfaatnya? Main alat musik bukan hanya bisa untuk menyalurkan hobi, lho. Memainkan alat musik  ternyata memiliki manfaat hebat lainnya.

Musik dapat mempengaruhi emosi kita. Ketika kita mendengarnya, kita bisa merasa senang, sedih, tenang bahkan bersemangat. Lebih baik lagi kalau kamu bisa memainkan salah satu alat musik. Contohnya seperti piano, gitar, harmonika, biola atau yang lainnya. Mengapa begitu? Karena musik dapat membawa pengaruh positif untuk dirimu. Apa saja pengaruhnya?

Meningkatkan koordinasi tubuh

Dengan bermain musik, koordinasi tubuhmu akan meningkat. Misalnya saja ketika bermain piano, awalnya jarimu masih belajar berpindah dari tuts satu ke yang lain. Lama kelamaan akan jari-jarimu akan semakin lancar berpindah-pindah tuts. Koordinasi antara tangan dengan matamu juga akan menjadi lebih baik. Ditambah lagi dengan kaki yang harus menginjak pedal di bawah piano.

Melatih konsentrasi dan ketekunan

Tanpa konsentrasi dan ketekunan akan sulit untuk menguasai permainan alat musik. Jadi kamu harus berkonsentrasi ketika bermain musik. Kamu juga harus tekun dan terus berlatih. Barulah kamu bisa menguasai suatu alat musik. Ketekunan dan konsentrasi ini juga bisa memudahkanmu dalam belajar di sekolah.

Menumbuhkan kreativitas

Belajar musik akan membuat semakin kreatif. Mengapa? Karena dengan bermain musik, otak kananmu akan semakin terasah. Dengan begitu, kreativitasmu akan terus berkembang. Kamu akan bisa membuat musik dan lagu sendiri lo!

Membantu mengingat

Belajar musik juga akan meningkatkan daya ingatmu. Ketika belajar musik, kamu harus mengingat berbagai kunci dan menghafalkan banyak lagu. Otakmu akan menjadi terlatih untuk mengingat. Hal ini juga dapat membantumu dalam belajar. Kamu bisa cepat menghafal rumus dan pelajaran lainnya deh.

Selain itu, Melodi dan nada dalam musik klasik, seperti di Beethoven Fur Elise, diyakini mampu membantu siswa untuk belajar lebih lama dan mampu mempertahankan materi lebih lama. Bahkan siswa yang mendengarkan musik dengan beat (ketukan) 60 hingga 70 per menit, berhasil mencapai skor ujian Matematika 12 persen lebih besar.

Memperkenalkanmu dengan berbagai budaya

Ketika kamu bermain musik, kamu pasti ingin mendalaminya dan menguasai berbagai macam lagu. Kamu juga pasti ingin mengetahui sejarahnya. Kamu bisa mempelajari berbagai macam alat musik bahkan yang berasal dari daerah. Indonesia mempunyai banyak sekali alat musikdaerah. Setiap daerah alat musiknya berbeda-beda lo. Dengan mempelajarinya, kamu bisa mengenali berbagai macam budaya. Tidak hanya budaya Indonesia tapi juga mancanegara.

Wah, siapa sangka ya ternyata bermain alat musik memiliki segudang manfaat yang luar biasa. Jadi gimana nih sahabat Nata? Apa kalian jadi tertarik belajar alat musik? Nata Private juga menyediakan guru untuk belajar musik, lho. Klik link ini saja untuk info lebih lengkapnya.

Sumber:

  1. https://bobo.grid.id/read/08674515/5-manfaat-belajar-musik
  2. https://www.liputan6.com/health/read/3307322/bisa-main-alat-musik-bikin-kamu-cerdas-sampai-tua
  3. https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3134693/benarkah-dengar-musik-bisa-buat-anda-pintar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Powered by