Sudah Tau Kah Penggunaan Been & Being Dalam Bahasa Inggris? 

Hai Sahabat NATA, udah ga asing kan dengan dua kata ini yaitu been dan being. Been merupakan turunan ketiga dari kata kerja be (past participle atau sering disebut dengan istilah verb3),  being merupakan present participle dari be (verb + ing). Pada dasarnya be merupakan kata kerja yang digolongkan sebagai primary auxiliary verb (kata kerja bantu yang tidak memiliki arti namun membantu dalam pembentukan karakter tenses), oleh karena itu semua turunannya termasuk been dan being secara otomatis juga tergolong sebagai primary auxiliary verb. Dengan begitu, been dan being ini di dalam bahasa inggris memiliki dua fungsi, yaitu dapat difungsikan sebagai kata kerja bantu dan sebagai kata kerja utama (ordinary verb).

Jika been dan being difungsikan sebagai kata kerja bantu, maka akan diikuti oleh kata kerja utama. Sedangkan jika difungsikan sebagai kata kerja utama, maka been dan being akan diikuti oleh adjective atau adverb.
Contoh Been:

  1. I have been here since 6 p.m.
  2. I will have been there.
  3. A book has been brought by Budi.
  4. I have been living in Yogyakarta for eight years.

Been pada contoh pertama dan kedua diatas berfungsi sebagai kata kerja utama, dan setelah kata been akan diikuti oleh non verb. Sedangkan will dan have berfungsi sebagai kata kerja bantu. Pada contoh ketiga dan keempat, been berfungsi sebagai kata kerja bantu dan akan diikuti oleh verb.

Contoh Being:

  1. You are totally being stupid. (berfungsi sebagai kata kerja utama, dan diikuti non verb.)
  2. Some movies were being watched by Shanti. (berfungsi sebagai kata kerja bantu, dan akan diikuti verb.)

Penggunaan been dan being sebagai kata kerja utama maupun bantu ini tentu saja juga berlaku untuk semua tenses yang memungkinkan untuk menggunakan been being. Nah, apa saja kah tenses yang menggunakan been dan being ini? Berikut pembahasan lebih lanjutnya.

Penggunaan Been Pada Perfect Tenses
Been sangat mungkin untuk anda gunakan pada perfect tenses, baik present, past, future, maupun past future, hal ini disebabkan karena rumus perfect tense menggunakan verb3 (past participle)

Sebagai contoh:

  • Josh had been her childhood playmate.
  • They had never been anywhere else overnight together.
  • It had been too long.
  • His father’s family has been in this country longer than yours.
  • I have been so excited since father said you were coming.

Gimana nihh Sahabt NATA udah paham kan  penggunaan been dan being? Kalau kalian ingin lebih tau penggunaan kata dalam bahasa inggris yang lain, yuk privat bahasa inggris. Kami NATA Center menyediakan jasa guru privat kerumah loh. Dan buat kalian yang kebingungan untuk translate dokumen kalian, kami juga menyediakan jasa penerjemah bahasa inggris gais. Berminat?  Langsung hubungi Admin 081214140044 yahh

Sumber : Belajarbahasainggris.com

Gambar : Naji.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *