PLTA terbesar di Asia Tenggara ada di Indonesia, lho!

Hai sahabat Nata! Apakah di antara sahabat Nata ada yang tinggal di pulau Jawa atau Bali? Untuk kalian yang tinggal di Pulau Jawa dan Bali, tahukah kamu kalau listrik yang menerangi kita berasal dari salah satu PLTA terbesar, lo. Namanya PLTA Cirata di Jawa Barat. Danau buatan satu ini terbentang dari Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Bandung Barat hingga ke Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

PLTA Cirata, Jawa Barat

Wah, terbayang, kan teman-teman seluas apa PLTA Cirata ini. PLTA Cirata ini bisa menghasilkan listrik sampai 1008 Megawatt, lo. Jadi penasaran kan? Siapa mau melihat PLTA terbesar se-Asia Tenggara ini? Yuk, saksikan keindahan pemandanan di sekitar Waduk Cirata lewat video pada link ini.

Sudah ditonton videonya? Ternyata besar dan indah sekali ya. Tapi, apakah kamu tau bagaimana cara kerja PLTA? Mengapa air bisa berubah menjadi listrik ya?

Cara Kerja PLTA

Cara Kerja PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) adalah dengan mengubah energi air menjadi energi listrik. Pemanfaat air sangat penting digunakan untuk menggerakan turbin, kemudian air yang ada dibendungan akan turun ke dalam lubang yang telah di desain untuk memutar turbin/kipas besar, semakin dalamnya lubang maka akan semakin besar debit air yang akan turun dan mendapatkan perputaran turbin yang besar. perputaran turbin tersebut akan menghasilkan energi mekanik yang akan di konversi melalui generator menjadi energi listrik.

Kemudian listrik yang telah dikonversi dari generator akan diteruskan ke power suplay listik dan akan disambungkan oleh kabel. Kabel tersebut kemudian dibentangkan dan di tahan oleh sutet dan akan dibagi ke daerah untuk kemudian di teruskan ke rumah penduduk. Air yang telah melewati turbin akan diteruskan ke sungai untuk dimanfaatkan oleh warga sekitar sebagai sumber kehidupan dan untuk bisa menjadi objek wisata.

Oh iya, Selain air ternyata masih banyak lagi energi yang dapat diubah menjadi listrik. Apa saja ya? Kalau kamu penasaran, materi-materi terkait energi dapat kamu pelajari bersama guru  dari Nata Private. Yuk gabung! Caranya tinggal klik saja link ini, ya.

Sumber:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *