Menguasai Bahasa Asing Itu Bagaikan Dunia Ada di Genggaman Kita, Ya engga sih?

Sahabat NATA pernah denger pepatah yang berkata “menguasai bahasa asing, bagaikan kita telah mengenggam dunia”. Yah kurang lebih seperti itu. Memang menguasai bahasa asing sudah merupakan suatu kewajiban. Betapa tidak, menguasai bahasa asing seperti bahasa Inggris, Arab, Jerman, Perancis, Cina, dan lain-lain, memiliki manfaat. Salah satunya kalau kita ingin menuntut ilmu di negeri orang, bukan hanya kepandaian dalam bidang studi yang kita ampu di sana, namun berinteraksi menggunakan bahasa mereka itu menjadi “barang” yang harus mereka miliki.

  1. Cari Buku, Koran, atau Artikel lainnya tentang bahasa Asing yang ingin kamu kuasai

Carilah buku tentang bahasa Asing yang ingin kamu kuasai, yang dianggap bisa memfasilitasi kamu untuk kuasai bahasa Asing. Ndg usah banyak cukup 1 atau 2 buku aja kmudian kamu kembangkan, lebih bagus buku tersebut menyertakan contoh kalimat sederhana dan kamu kembangkan kalimat apa yang kamu ingin gunakan tentunya dengan bantuan kamus sebagai alat bantu mencari kosakata yang ingin kamu masukkan ke kalimat. Cara yang lain dan juga tidak memakan banyak biaya yakni mencari koran atau artikel yang berbahasa Asing di Internet< cuma bermodalkan laptop/komputer dan modem, kamu akan akan mendapatkan banyak artikel berbahasa asing.

  1. Latih percakapan kamu melalui kalimat yang sudah kamu tulis dan praktekkan bersama temanmu atau kalau ngak dengan cerminmu.

Setelah kamu menulis beberapa kalimat bahasa Asing yang telah kamu kembangkan dari buku/artikel/koran yang kamu dapat, misalnya wo wohnen sie/wo wohnst du (germany), where do you live ? (english) yang artinya dimana kamu tinggal, kamu bisa praktekkan kalimat tersebut ke temanmu. Ajak teman kamu sekedar menemanimu untuk menguasai percakapan bahasa Asing. Selain itu juga kamu bisa mengajak temanmu ke arah jalan yang benar, ciaaeelllaaahhhhh… maksudnya dari pada ngegosipin hal-hal yang ngak penting, mending belajar bahasa Asing secara berjamaah. Kalau tidak ada teman kamu yang menemanimu bercakap, jadikan lah “CERMIN” sebagai teman sejatimu terlebih dahulu untuk menguasai bahasa Asing. Tidak ada teman, cermin pun jadi.

  1. Latih pendengaranmu dengan mendengarkan lagu-lagu, percakapan, berita, atau kaset/CD yang sesuai bahasa Asing yang ingin kamu pelajari

Hal ini membantu kamu kalau terkadang ada salah pengucapan atau pelafalan ketika kamu berlatih bercakap bahasa Asing. Contoh pengalamanku ketika belajar bahasa Arab, terkadang tidak bisa bedakan mana bunyi huruf ك ،ق atau أ ، ع dan seterusnya. Dengan itu pula kamu bisa tahu kosakata/ungkapan lain yang kamu tidak dapatkan di buku mu dan kembangkan menjadi suatu kalimat bikinan kamu sendiri dan praktekkan sekali lagi hingga benar dan fasih.

  1. Pergi ke tempat wisata yang ada di kota kamu dan carilah native speaker (bule) untuk kamu ajak diskusi memakai bahasa merekangan mereka dan memakai bahasa mereka.

Keep talking with them… Latihlah percakapan bahasa Asing yang kamu sudah kuasai dengan mengunjungi tempat wisata yang disana ada wisatawan asingnya. Kemdian ajak mereka berbicara basa basi ataupun bisa berdiskusi dengan mereka dan memakai bahasa mereka. Jangan malu jika kamu kurang fasih menyebutkannya, karena kamu masih dalam tahap belajar.

  1. Konsultasikan permasalahan yang kamu dapatkan saat latihan menguasai bahasa Asing kepada guru, tentor, atau native speaker (kalau punya kenalan bule)

Biasakanlah pula kamu menanyakan hal-hal yang kamu hadapi saat ingin mempraktekkan bahasa Asing yang ingin kamu kuasai. Kamu bisa menanykan hal ini kepada orang yang berkompeten, seperti guru mata pelajaran bahasa Asing, dosen, tentor, ataupun teman bule kamu kalau punya… hehehe…

Hal-hal diatas dapat kamu praktekkan untuk kuasai bahasa Asing, gampang kan? Nah kalau kalian yang ingin dapat beasiswa keluar negeri dan butuh dokumen yang di translate bisa banget nih. Kami NATA Privat menyediakan jasa translator bahasa asing loh, pasti sangat berguna. . Berminat? Bisa langsung hubungi kontak Admin 081214140044.

Sumber : Hipwee.com

Gambar : Hipwee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *