Mengenal Beasiswa Chevening, Fulbright , ADS dan LPDP

Image result for scholarship
lookingglassbc.com

Hai Sahabat NATA! Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri, dibutuhkan persiapan matang  mulai dari negara tujuan, kampus, lingkungan, hingga cost (pembiayaan). Sunggu sangat luar biasa jika ternyata kamu adalah salah satu penerima beasiswa. Hal tersebut tentunya merupakan suatu anugerah yang ingin dimiliki oleh semua mahasiswa di Indonesia yang memiliki impian bisa kuliah di luar negeri.

Yuk kita mengenal berbagai macam beasiswa dan pastinya jangan asal setuju jika menerima beasiswa. Kamu harus mengetahui, visi-misi beasiswa tersebut serta manfaatnya, progress apa yang dicari hingga bagaimana pembiayaannya. Apa tujuannya? Agar kamu tidak menyesal jika kelak menerima beasiswa tersebut. Jangan sampai ketika di tengah masa studi kamu merasa beban ketika menjalaninya.

Tiga hal penting yang perlu kamu pahami adalah pembiayaan, kerapihan administrasi donor, dan tujuan pemberian beasiswa. Diantara ketiga hal tersebut, hal yang paling signifikan dalam memilih beasiswa adalah pembiayaan. Bukankah jika menerima beasiswa semua beasiswa akan tercover? Memang benar, namun ada beasiswa tertentu yang memiliki ketentuan khusus yang harus kamu pahami terlebih dahulu sebelum benar-benar setuju untuk menjadi penerima beasiswa tersebut.

Kali ini kita akan mengupas tenang empat beasiswa, yakni Chevening, Fulbright, ADS (Australian Development Scholarship) dan LPDP ( Lembaga Pembiayaan Dana Pendidikan).

Fulbright Scholarship

Related image
usascholarships.com

Beasiswa untuk menempuh study di USA  ini  ditangani secara langsung oleh AMINEF. Berbeda dengan beasiswa lainnya, dengan beasiswa FulBright kamu bisa memilih kampus setelah dinyatakan diterima sebagai penerima beasiswa. Akan tetapi, kamu bisa mnegajukan kampus mana yang akan kamu pilih dengan surat persetujuan dari AMINEF.

Chevening Scholarship

Image result for scholarship
avivasysbio.com

Beasiswa Chevening mengajarkan kamu untuk mandiri di berbagai hal. Semua proses aplikasi pendaftaran hingga kampus yang dituju harus ditentukan sendiri sejak awal. Konsekuensi yang terjadi, kamu harus bisa mempertanggungjawabkan keputusanmu jika kelak ada yang tak berjalan sesuai dengan prosedur. Jika dana pendidikan yang diterima tidak mencukupi kebutujan kamu, Chevening tidak akan mengkonfirmasi LoA dari kampus idaman tanpa bukti kecukupan dana dari Bank.

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)

Related image
ruddfoundation.org

LPDP dikenal sebagai beasiswa yang Indonesia banget. Karena LPDP merupakan satu-satunya beasiswa Indonesia yang bergegnsi dan di dedikasikan untuk pelajar Indonesia. Hal ini sejalan dengan tujuan LPDP yang ingin menumbuhkan karakter bangsa pada penerima beasiswa. Selain itu, pemilihan beasiswa terhadap kampus-kampus yang dituju termasuk dalam top 200 universitas. Bahkan dari universitas-universitas tersebut terdapat beberapa kampus yang memang terkenal dengan cost-nya yang mahal.

ADS (Australian Development Scholarship)

Image result for scholarship
www.flagstaff.ab.ca

ADS memang terkenal sebagai beasiswa yang paling royal dalam hal pendanaan. Semua biaya telah ditanggung, jumlah biaya hidup yang diberikan cukup besar jika dibandingkan dengan Fulbright, Chevening, maupun LPDP. Kelebihan lainnya adalah, ADS mengizinkan penerima beasiswa untuk bekerja (di luar Teaching & Research Assistanship) dan mendapatkan gaji di Australia,

Kelebihan dari Fulbright dan ADS mengurus semua proses aplikasi penerima beasiswa ke kampus-kampus yang dipilih. Tak kalah pentingnya adalah tujuan beasiswa tersebut memberikan beasiswa. Beasiswa Fulbright, Chevening, ataupun ADS, merupakan beasiswa yang lebih menekankan bagaimana penerima beasiswa menanamkan budaya kultural. Maka jangan heran jika kamu menempun pendidikan di negara tersebut, kamu diwajibkan untuk mempelajarinya budayanya.

Selain itu, prestasi akademik kamu harus kuat disini. Lain halnya dnegan LPDP. LPDP menekankan bagaimana kamu harus mendedikasikan pribadimu setelah lulus nanti. Jadi di LPDP ada semacam kewajiban untuk mengabdi untuk membangun Indonesia menjadi lebih baik. Semacam timbal balik atas beasiswa yang kamu terima.

Menentukan beasiswa yang sesuai dan tepat memang gampang-gampang susah. Mengingat semua beasiswa memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Terpenting, kamu harus bisa menyiapkan mental kamu untuk menjadi penerima beasiswa yang bertanggung jawab atas beasiswa tersebut. Selamat berjuang.

Jangan lupa untuk terus ikuti Nata Blog biar kamu ga ketinggalan kabar beasiswa bergengsi lainnya baik dalam dan luar negeri ya! NATA Private siap membantu kamu dalam pendidikan dengan menyediakan jasa guru privat  terbaik untuk kamu.  Berminat? Langsung aja hubungi admin 081214140044.

Les Privat UN SMA SukajadiLes Privat UN SMA SarijadiLes Privat UN SMA AntapaniLes Privat UN SMA Buah BatuLes Privat UN SMA SukajadiLes Privat UN SMA Setiabudi, Les Privat UN SMA Antapani

Source: berkuliah.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Powered by