Daftar 5 Jurusan Paling Banyak dan Paling Sedikit Dilirik Dunia Kerja

Halo Sahabat NATA, buat kalian yang belum kuliah dan baru akan kuliah tahun ini atau tahun depan. Ini ada berita terkait jurusan yang paling banyak dan paling sedikitdilirik dunia kerja, mungkin bisa jadi referensi buat kalian milih jurusan. Tapi tenang aja, objek yang digunakan dalam survey ini hanya dari beberapa sector industry. Jadi masih ada kesempatan luas gaiss, yuk simak hasil surveinya.

Survei QS Global Employer tahun 2016 mengungkapkan, jurusan terkait dengan teknologi sedang ‘memanen buah’ dari era digital dan informasi saat ini. Menurut hasil survei yang dirilis Desember 2017, lulusan paling mudah bekerja berasal dari disiplin Ilmu Komputer dan Sistem Informasi. Dari 49 bidang program studi (prodi) yang disurvei, dunia usaha di seluruh dunia merasa bahwa prodi Komputer dan Informatika paling dibutuhkan saat ini setelah lulusan bisnis, keuangan dan hukum.

5 prodi teratas direkrut oleh dunia kerja: 1. Ilmu Komputer dan Sistem Informasi. 2. Studi Bisnis dan Manajemen. 3. Akuntansi dan Keuangan. 4. Teknik Elektro dan Elektronik. 5. Ekonomi dan Statistik. Bidang pekerjaan yang banyak merekrut lulusan tersebut:

  1. Industri IT / Komputer (24,06%).
  2. Industri konsultasi dan jasa Bisnis (17,81%).
  3. Industri konsultasi dan jasa Keuangan (17,23%).
  4. Manufaktur / Industri (21,01%).
  5. Industri konsultasi dan jasa Ekonomi (21,89%).

Sedangkan 5 prodi terbawah yang kurang diminati dunia kerja: 1. Ilmu Sejarah Klasik dan Kuno. 2. Teologi dan Studi Agama. 3. Filsafat. 4. Sejarah. 5. Antropologi. Namun QS Global Employer Survey mengingatkan, mahasiswa yang memilih prodi terbawah tidak perlu merasa berkecil hati dan kecewa. Menurutnya, penerimaan kerja sangat tergantung pada kebutuhan dunia usaha sehingga hasilnya ini sangat tergantung pada dunia industri dan wilayah yang menjadi obyek survei.

Mayoritas industri yang menjadi subyek survei QS Global Employer berasal dari sektor-sektor berikut: Konsultasi dan layanan professional; Manufaktur/Industry; Sektor public/pemerintah; Jasa keuangan/perbankan; Layanan IT/Komputer. Hal ini menguatkan pandangan umum di kalangan mahasiswa bahwa industri-industri ini cenderung memberikan prospek terbaik untuk karir dan keuangan.

Survei QS Global Employer ini diharapkan dapat membantu calon mahasiswa dalam membuat keputusan memilih jurusan kuliah berdasarkan informasi tenntang dunia kerja. Jangan khawatir buat kalian yang tahun depan mau kuliah di jurusan yang disebutkan diatas bisa belajar dari sekarang. Kalau butuh les privat kerumah biar kalian gausah cape keluar rumah bisa bnget nih. Kami NATA Privat menyediakan jasa privat kerumah loh. . Berminat? Bisa langsung hubungi kontak Admin 081214140044.

Sumber : edukasi.kompas.com 

Gambar :mobitekno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *