Belajar Online Sejak Dini untuk Anak. Bisa ga sih?

Related image
selular.id

Hai Sahabat NATA! Dijaman revolusi industri online ini semua bisa kita lakukan dengan internet. Lalu apakah kegiatan seperti belajar online sejak dini bisa dilakukan? Jika bisa apakah membawa dampak yang baik untuk sang anak? Simak pembahasan selengkapnya!

Memasuki era digital, rasanya tidak ada informasi yang tidak bisa kita dapatkan melalui internet. Beberapa sekolah dan universitas bahkan memanfaatkannya untuk proses belajar-mengajar sehingga mereka tidak perlu hadir dalam kelas. Jadi, meskipun guru dan setiap peserta kelas tersebar di berbagai tempat, mereka tetap dapat “bertemu” karena adanya jaringan internet.

Karenanya, tidak ada salahnya untuk mengajarkan hal-hal secara online pada anak sejak dini. Sekarang, kamu mungkin belum membutuhkan informasi tentang hal ini. Tapi, kamu bisa membagikannya pada orang tua atau kenalan yang mempunyai anak kecil. Beri tahu bahwa mereka bisa mengajarkan anak-anak untuk belajar online sejak dini. Hal ini cukup penting, lho, untuk perkembangan otak anak-anak.

Menggunakan Video Interaktif

Image result for belajar online anak
IDNews

Usia yang paling penting dalam pertumbuhan otak seorang anak adalah antara 0-2 tahun. Saraf otak mengalami perkembangan paling pesat pada periode waktu tersebut. Pertumbuhan memang terus terjadi hingga usia 5 tahun, tetapi lajunya tidak secepat pada periode waktu sebelumnya. Apabila tertarik untuk mengajarkan anak belajar online, manfaatkanlah waktu-waktu emas tersebut. Otak akan menyerap informasi yang diberikan secara lebih cepat.

Secara umum, anak-anak cenderung lebih menyukai hal-hal yang mengandung bentuk dan warna menarik. Sebagai langkah awal untuk mengajari anak belajar online, perlihatkan mereka berbagai video online interaktif yang memuat materi-materi dasar seperti huruf, angka, bentuk, dan warna. Tunjukkan pada mereka bahwa belajar online dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan. Dengan begitu, mereka akan tertarik untuk kembali melakukan belajar online.

Ajarkan Melalui Permainan

Related image
wap.mi.baca.co.id

Sudah memperlihatkan berbagai video online interaktif pada anak-anak? Bagaimana reaksi mereka? Apabila mereka memperlihatkan ketertarikan, coba ajak mereka untuk belajar online melalui permainan-permainan yang kini banyak ditemukan di internet. Beberapa permainan bahkan bisa diakses melalui aplikasi yang sebelumnya harus di-download pada smartphone atau tablet. Tingkat kesulitannya pun bervariasi. Tes terlebih dahulu sebelum memberikannya pada anak-anak.

Selama mengajarkan anak belajar online, ajak mereka untuk beristirahat setiap 20 menit. Hal ini bersifat lebih efektif daripada belajar langsung selama satu jam tanpa istirahat karena berdasarkan suatu studi, anak-anak mampu melakukan konsentrasi penuh maksimal selama 20 menit. Melebihi periode waktu tersebut, tingkat konsentrasi anak-anak akan perlahan menurun. Tidak perlu istirahat lama-lama, kok. Jeda selama 2-5 menit akan mengembalikan daya konsentrasi mereka.

Menjelaskan Tujuan dan Manfaat Belajar

Related image
hellosehat.com

Selama mengajari dan mendampingi anak belajar online, berilah penjelasan terkait dengan hal-hal yang dipelajari mereka. Saat menonton video tentang alfabet, misalnya, jelaskan bahwa mempelajari hal tersebut akan membuat sang anak mampu membaca buku-buku cerita. Atau tunjukkan bahwa menghapal jenis-jenis warna akan membuatnya mampu mengenali pelangi. Tunjukkan bahwa pembelajaran online yang mereka lakukan tidak akan sia-sia.

Saat belajar online melalui permainan, biasanya anak-anak akan menemukan sistem menang dan kalah. Jelaskan konsep tersebut pada mereka dalam bahasa yang sederhana. Permainan online ini akan membuat anak-anak belajar tentang sportivitas sejak dini. Jangan lupa untuk memberikan reward setiap kali mereka berhasil menyelesaikan aktivitas belajar online. Tidak perlu membelikan mereka barang-barang mahal, kok. Pujian yang tulus akan memotivasi mereka untuk terus belajar.

Kemampuan Mengoperasikan Teknologi

Related image
playmygamesfree.com

Belajar online tidak hanya tentang materi-materi umum seperti alfabet dan angkat. Lebih dari itu, secara otomatis anak-anak juga akan belajar tentang teknologi. Tanpa diminta, sebenarnya mereka telah familiar dengan teknologi, lho. Coba lihat anak-anak zaman sekarang yang lebih suka berkutat dengan gadget di tangan daripada berinteraksi langsung dengan teman-teman sebaya. Jadi, jangan ragu untuk mengajari anak belajar online. Lakukan pendekatan secara perlahan dan bertahap. Jadi, ketika tumbuh besar nanti, anak-anak jadi tidak merasa canggung untuk mengoperasikan teknologi yang makin berkembang.


Jadi, apakah anak bisa diajarkan belajar online sejak dini? Ya, asalkan bisa menerapkannya dengan cara yang tepat. Tapi, jangan lupa untuk membatasi penggunaan gadget agar mereka tetap aktif beraktivitas di dunia nyata. Bagaimanapun juga, anak-anak juga butuh untuk berinteraksi dengan teman-teman sebaya mereka, kan?

Kami NATA Private siap membantu anda meningkatkan minat belajar si buah hati dengan menyediakan jasa guru privat calistung  terbaik untuk anda.  Berminat? Langsung aja hubungi admin 081214140044.

Les Privat Calistung Sukajadi, Les Privat Calistung Sarijadi, Les Privat Calistung Antapani, Les Privat Calistung Buah Batu, Les Privat Calistung Ujung Berung, Les Privat Calistung Arcamanik, Les Privat Calistung Geger Kalong

Sumber: quipper.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Powered by