CALISTUNG | Cara Seru Kenalkan Anak Dengan Angka

Hai Sahabat NATA khususnya para bunda! Mengenalkan angka kepada balita tidak harus selalu dilakukan dengan cara membosankan. Anak akan antusias belajar angka dan jumlah, jika Bunda mengenalkannya melalui permainan dan dengan cara menyenangkan.

Related image
Sumber: sciencenews.org

Susan A. Miller Ed.D., pakar pendidikan anak usia dini dan profesor di University of Pennsylvania, AS, menuturkan bahwa mengajarkan konsep pramatematika dapat menstimulasi anak untuk berpikir logis dan sistematis sejak dini, melalui pengamatan terhadap benda atau gambar di sekitarnya.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Bunda lakukan untuk mengajarkan konsep pramatematika kepada balita.

1.    Menyanyikan lagu tentang angka

Related image
Sumber: mymusicalenglish.com

Melalui nyanyian, anak akan lebih mudah mengenal konsep angka. Ajak balita bernyanyi bersama lagu Satu-satu Aku Sayang Ibu. Lagu itu mengenalkan anak kepada bilangan dan urutan. Lagu lain yang bisa dinyanyikan, misalnya, Dua Mata Saya. Selain angka, lagu itu juga mengajarkan balita tentang konsep jumlah.

2.    Menghitung mainannya

Related image
Sumber: payungteduh.online

Bunda bisa menggunakan mainan balita sebagai sarana mengenalkan angka. Saat anak bermain atau membereskan mainan bersama Anda, ajak ia menghitung jumlahnya, seperti, “Lihat, bonekanya ada dua. Satu… dan dua.” Atau, “Yuk, kita masukkan mobil-mobilannya ke kotak, sambil dihitung. Satu… dua… tiga….” Jadi, setiap bermain, anak akan terbiasa menghitung secara sederhana.

3.    Mencocokkan angka dan gambar

Image result for kids learning math
Sumber: Kids World Fun

Caranya, Bunda menulis angka 1 sampai 10 di satu set kartu, lantas menggambar jumlah benda yang sesuai dengan angka yang ditulis (misalnya, 2 lingkaran atau 3 kotak) di set kartu lain. Ambil selembar kartu berisi angka, dan minta balita mencocokkannya dengan gambar yang sesuai jumlahnya. Sebutkan juga angkanya saat mengambil kartu. Contohnya, Anda berkata, “Enam,” saat mengambil kartu angka 6. Ajak juga balita menyebutkan angkanya saat ia mencocokkan.

4.    Membuat gambar

Related image
Sumber: tidewaterfamily.com

Salah satu kegiatan favorit anak adalah menggambar. Nah, Bunda juga bisa mengajarinya tentang jumlah dan angka lewat aktivitas tersebut. Tulis sebuah angka di selembar kertas, dan minta anak Anda membuat gambar sejumlah angka yang Anda tulis tadi. Misalnya, jika Bunda menulis angka 1, maka anak menggambar sebuah lingkaran. Bisa juga Anda menulis angka 1, balita menempelkan sebuah stiker di kertas tersebut.

5.    Bermain engklek

Related image
Sumber: just4udakar.com

Saat hari cerah, ajak anak melakukan permainan tradisional engklek di luar rumah. Selain mengasah kemampuan motorik kasarnya, engklek juga bisa melatih anak belajar urutan bilangan. Gambarlah kotak-kotak engklek disertai angka-angkanya dengan kapur. Ajak balita melompat ke kotak nomor 1, lalu nomor 2, dan seterusnya, sembari menyebutkan angka di dalam kotak yang ia pijak.

6.    Bergoyang angka

Image result for kids dancing
Sumber: Dance Lessons

Ajak anak melakukan goyangan angka. Saat Bunda menyebutkan sebuah angka, anak akan menari dan bergoyang sebanyak angka yang disebutkan. Misalnya, jika Anda bilang, “Tiga,” balita dapat menari dan menggoyangkan pinggulnya tiga kali.

7.    Berburu angka

Image result for kids treasure hunt
Sumber: Persil

Permainan mencari harta karun bisa Bunda modifikasi untuk mengajarkan anak mengenal angka dan jumlah. Anda tulis masing-masing angka di selembar kertas, dan letakkan di beberapa tempat di rumah. Misalnya, di dalam lemari, di balik bantal, atau di bawah kursi. Anak harus mencari angka-angka tersebut dan menyerahkan kepada Anda, sambil menyebutkan angka yang ia temukan. Minta juga ia menemukan empat buah krayon atau dua buah buku yang sudah Anda taruh sebelumnya.

8.    Menebak angka

Related image
Sumber: LearningWorks for Kids

Ajak balita bermain tebak-tebakan angka. Minta ia menebak angka berdasarkan petunjuk yang Anda berikan. Misalnya, Bunda katakan, “Aku ada sebelum angka 5 dan sesudah angka 3. Angka berapakah aku?” Jika balita sudah mulai mahir, minta ia yang memberikan petunjuk, dan Bunda yang menebaknya.

9.    Menghitung cucian

Image result for kids and laundry
Sumber: Mommy Nearest

Ubah rutinitas mencuci pakaian yang membosankan menjadi permainan menghitung untuk anak. Ajak balita membantu memisahkan antara pakaian putih dan pakaian berwarna, sambil menghitungnya. Selain belajar menghitung, anak juga bisa mengenal aneka warna. Namun, jangan biarkan anak berada dekat mesin cuci yang sedang menyala.

10.    Membilang, sambil berbelanja

Image result for kids and shopping
Sumber: What’s Up Life

Bahkan momen belanja bulanan atau mingguan bisa menjadi cara menyenangkan buat balita untuk mengenal jumlah. Saat berbelanja, katakan kepada anak bahwa Bunda perlu 4 buah jeruk dan 6 buah apel. Ajak ia membantu menghitungnya, saat Anda mengambil dan memasukkan buah-buahan tersebut ke keranjang belanja.

Nah sekarang Bunda sudah lebih mengetahui cara mengenalkan anak pada angka dan tentunya sudah tidak sabar untuk mempraktekannya bukan? Kami NATA Privat menyediakan guru privat calistung terbaik yang bisa datang ke rumah untuk membantu Bunda dalam mengenalkan angka pada anak. Tertarik? Hubungi admin di 081214140044.

Sumber: www.ayahbunda.co.id


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *