ASYIK BELAJAR PRESENT TENSE PART I

Hai Sahabat NATA, kali ini kita akan belajar salah satu Tenses yang cukup sederhana dengan cara yang asyik. Yuk lihat artikel dibawah ini:

Siapa sih tak kenal Present Tense? Paling nggak kamu pernah dengar sepintas tentang nama yang telah tenar di antara para pelajar bahasa Inggris ini. Yap, ini disebut-sebut sebagai jenis materi paling sederhana dibandingkan lainnya. Setuju?

Di balik kesederhanaan serta kerendahan hatinya, ternyata ia juga sering mengecoh pelajar yang meremehkannya. Misalnya penggunaan kata kerja seperti works atau work, watch atau watches, apakah ditambah s atau es. Untuk itu, kita perlu pahami konsep dasarnya dulu. Nah, berikut ini dibongkar  rahasia menarik belajar Present Tense!

  1. Belajar Present Tense diawali dengan mengenal anak-anaknya. Ada 4 “anak” menyemarakkan hari-harinya

Setelah mengenal seseorang lalu bertemu secara rutin, cepat atau lambat tentu kamu akan mengenal anggota keluarganya juga. Nah, itu juga akan terjadi setelah berkenalan dengan Present Tense.

Tanpa diminta, ia akan memperkenalkanmu dengan keempat anaknya yang berbeda-beda. Siapakah anak-anak ini? Mengapa kamu perlu tahu tentang mereka jika ingin belajar Present Tense? Tenang, segala pertanyaanmu akan segera terjawab. Berikut 4 anak perlu ditelusuri lebih lanjut.

  1. Simple
  2. Continuous
  3. Perfect
  4. Perfect Continuous

Saat berkenalan, kamu akan diberi tahu nama singkat mereka, sehingga nggak perlu ribet mikir nama panjang. Namun, bagi yang pinter ngapalin nama panjang, ya monggo dilirik nama lengkap mereka ya.

Anak pertama, si Simple adalah anak yang sederhana. Simple Present Tense digunakan untuk menyatakan kebiasaan rutin, misalnya tentang Diana berenang setiap hari Minggu. Sekarang hari Minggu. It is Sunday. Diana swims every Sunday.

Anak kedua yaitu si Continuous adalah anak yang sedang-sedang. Dengan kata lain, Present Continuous Tense menyatakan kegiatan yang sedang dilakukan. Misalnya, kamu nyari Diana, eh, Diana nggak ada di rumah. Ia sedang berenang. Diana is swimming now.

Sedangkan anak ketiga, si Perfect adalah penggemar hal-hal yang sudah dilakukan (completed work). Present Perfect Tense mengacu pada kegiatan yang sudah dilakukan, tapi masih ada hubungannya dengan masa sekarang. Contohnya masih tentang Diana ya. Ia sudah berenang selama 3 jam. Diana has swum for 3 hours.

Terakhir kita akan bahas anak keempat yaitu Perfect Continuous; ia suka dengan hal-hal yang sudah dilakukan dan masih berlangsung sampai sekarang. Contohnya: Diana belum kembali juga neh. Ia sudah dan masih sedang berenang. Misalnya: Diana has been swimming since morning.

Gimana, udah mulai pusing? That’s good. Itu tandanya kamu sedang mikir. Masing-masing anak tersebut akan dibahas satu per satu dengan cara unik. Kalo dibahas sekalian gini, bisa rempong, lama dan ngebosenin. Yuk, kita bongkar rahasia selanjutnya.

  1. Belajar Present Tense, kamu wajib tahu bahwa ia dinobatkan sebagai The King of Conversation. Kapan penobatannya, ya?

Dari keempat tenses bahasa Inggris utama – Past, Present, Past Future, Present Future – Present Tense dinobatkan sebagai The King of Conversation. Alasannya, ia adalah tenses paling banyak digunakan dalam  percakapan bahasa Inggris sehari-hari.

Belajar memulai percakapan biasanya diawali “How are you?” lalu diakhiri “It’s nice to meet you”. Atau kata perpisahan lain menggunakan Present Tense. Jika kamu masih ragu, perhatikan percakapan yang kamu lakukan dengan bule. Rekam percakapan tersebut kemudian dengarkan lagi sehingga kamu bisa tahu tenses apa paling sering digunakan.

  1. Hebat! Present Tense dapat menggantikan posisi Future Tense juga lho. Gimana ceritanya?

Rahasia selanjutnya membahas tentang kehebatannya karena bisa menggantikan posisi tenses lain. Si Simple dan si Continuous bisa digunakan untuk menyatakan hal-hal yang akan terjadi di masa mendatang alias Future Tense.

Masih inget kapan penggunaan kedua tenses bahasa Inggris ini: Simple Present dan Present Continuous? Kalo masih di luar kepala alias nggak inget, nih ada ringkasannya koq. Simple Present mengungkap kebiasaan rutin atau kebenaran umum; Present Continuous menyatakan hal yang sedang dilakukan.

Nah, kedua tenses tersebut dapat digunakan untuk membuat pernyataan tentang masa mendatang. Misalnya:

  • The plane arrives at 1 a.m. tomorrow. (Simple)
  • School starts on 3rd  January. (Simple)
  • The shop opens at 16.00 this afternoon. (Simple)
  • Our parents are visiting us this weekend. (Continuous)
  • My cousin is learning English tomorrow evening. (Continuous)

Jadi, belajar Present Tense sekaligus belajar mengungkapkan hal terjadwal atau terencana yang akan terjadi di masa mendatang. Hm… hebat ya si Present ini?

Pasti masih penasaran kan apalagi rahasianya? Tapi sampai disini dulu yah. Besok kita lanjutkan kembali untuk membongkar rahasia belajar present tense dengan asyik. Nantikan kelanjutan artikelnya yah Sahabat NATA 🙂

Sumber: https://englishcoo.com/rahasia-memahami-kalimat-present-tense

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *