5 Teknik Jitu Belajar Percakapan Bahasa Inggris

Hello Sahabat NATA, banyak dari kalian pasti ingin bisa menggunakan percakapan bahasa inggris dengan baik kan? Belajar percakapan bahasa Inggris memang gampang-gampang susah. Banyak orang yang mungkin mengatakannya sebagai salah satu hal yang paling sulit, namun tidak banyak yang mengatakannya sebagai perkara mudah. Saat kamu merasa kesulitan dalam bercakap-cakap menggunakan bahasa Inggris, kemungkinan besar kamu harus mengubah cara belajar yang digunakan sehari-hari. Kemudian, bagaimana cara meningkatkan kemampuan percakapan bahasa Inggris? Ada beberapa cara untuk meningkatkan kapabilitas yang kita miliki dalam belajar bahasa Inggris. Simak 5 teknik jitu dalam belajar percakapan bahasa Inggris berikut ini.

  1. PRAKTIK DAN PRAKTIK

            Seperti yang sudah sering banyak orang katakan, bahwa belajar bahasa Inggris itu hampir sama dengan berenang. Kalian akan bisa karena praktik, dan tanpa praktik kalian hanya berperan sebagai penonton sementara teman-temanmu melesat jauh kemampuannya. Praktik berbicara adalah mutlak dilakukan apabila kalian ingin memperbaiki sistem percakapan yang kalian miliki. Dalam konteks ini, cobalah untuk mengajak beberapa orang teman yang bisa berbahasa Inggris untuk menjadi lawan bicara kalian saat praktik.

  1. KALAU ANDA MALU BERBICARA LANGSUNG, COBA DULU BERBICARA MELALUI TULISAN

            Kalian punya Facebook atau Twitter bukan? Silakan tambahkan orang-orang luar negeri sebagai teman kalian di social media. Ajak mereka mengobrol melalui Direct Message atau Private Message di Facebook. Cara ini pernah dilakukan oleh seseorang yang tinggal di Vietnam. Setiap tiga hari sekali, ia berada di warung Internet khusus untuk mengobrol via Facebook atau Skype dengan teman-temannya yang ada di luar negeri. Kurang lebih satu bulan, ia bisa bercakap-cakap dalam bahasa Inggris dengan teknik yang jauh lebih baik. Jadi kalian bisa menggunakan social media apapun yang kalian punya untuk mencoba bercakap-cakap dengan orang luar negeri.

  1. JANGAN TERLALU MEMIKIRKAN GRAMMAR

            Sebenarnya grammar merupakan bagian yang penting dalam bahasa Inggris, namun sebaiknya kalian tidak takut terhadap grammar. Tata bahasa atau grammar yang baik tentu sangat diidamkan bagi siapapun pembelajar bahasa, namun apabila terlalu memikirkan grammar, maka hal itu akan menghambat kita semua dalam memulai percakapan. Kalau tidak percaya, coba kalian lakukan percakapan menggunakan bahasa Inggris, kemudian sebelum mengucapkan kata-kata, pikirkan terlebih dahulu grammar yang tepat. Bisa dipastikan, kalian akan ragu-ragu dalam berkata-kata dan bahkan tidak bisa berkata-kata karena takut salah. Ingat, grammar itu penting, namun jangan menjadi beban ketika berbicara.

  1. HIDUP DI LINGKUNGAN BAHASA INGGRIS

            Apakah kalian pernah pergi ke Kampung Inggris? Kabarnya disana semua percakapan menggunakan bahasa Inggris. Amat disarankan, kalian memanfaatkan tempat tersebut dalam rangka belajar bahasa Inggris. Melalui praktik setiap hari, diyakini meskipun bahasa Inggris kalian buruk pada awalnya, namun bisa melesat hingga ke fase menjadi seorang ahli.

  1. BANYAK MENDENGARKAN, MEMBACA, DAN MENULIS

            Kemampuan kita dalam berbicara sebenarnya juga didukung oleh penguasaan kosakata yang kita dapatkan ketika mendengarkan, membaca, dan menulis. Selain banyak praktik berbicara, asah pula kemampuan kalian dengan mendengarkan lagu bahasa Inggris, membaca majalah atau Koran bahasa Inggris, dan menulis. Sehingga kalian terbiasa melihat, mendengar atau membaca kata-kata dalam bahasa inggris.

Nah itulah metode-metode buat kalian yang lagu usaha belajar percakapan bahasa inggris nihh. Bisa juga melalui privat bahasa inggris dirumah dengan guru berkualitas. Atau kalian butuh jasa penerjemah bahasa inggris?  Kami NATA Center menyediakan jasa guru privat kerumah dan juga jasa penerjemah yang berkualitas gais. Berminat? Langsung aja hubungi Admin 0812141410044.

Sumber : web

Gambar : web

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *