5 Kata Bahasa Inggris Yang Artinya Sama Tapi Beda Penggunaannya. Bisa Bedakan?

Halo Sabahat NATA, kalian pasti tau ada beberapa kata dalam bahasa inggris yang artinya sama kan? kamu pernah menemukan kata tersebut? Meski artinya sama, tidak selamanya dalam penggunaan katanya selalu sama loh! Sebut saja, seperti kata home dan house, artinya sama bukan? Tapi cara pemakaiannya berbeda. Nah, makanya kita harus pandai-pandai nih dalam menggunakannya agar apa yang ingin disampaikan sesuai dengan aturan bahasa Inggris.

Kata-kata seperti apa saja ya? Yuk, mulai pelajari perbedaan penggunaan kata berikut ini!

  1. Home vs. House

Kedua kata ini memiliki arti yang sama, yaitu “rumah”. Tetapi untuk penggunaanya kita harus cermat nih!

House, biasanya digunakan untuk menunjukkan rumah sebagai bangunan fisik, yaitu sebagai tempat tinggal yang bisa kita lihat dengan mata. Contohnya: “My grandparents house is very big” (rumah kakek dan nenek saya sangat besar).

Home, digunakan untuk menunjukkan tempat di mana seseorang merasa nyaman dan berhubungan dengan emosional seseorang. Kata home tidak selalu berarti tempat hunian atau tempat tinggal, tetapi bisa saja dimana pun seseorang bisa merasa nyaman. Contohnya: “Home is wherever I’m with you” (rumah adalah dimana pun aku bersama kamu) *ciee*.

  1. Learn vs. Study

Antara learn dan study memiliki arti sama, yaitu belajar atau mempelajari.

Learn, biasanya digunakan saat kita tidak hanya sekedar belajar, tetapi juga melakukan suatu aktivitas untuk mendapatkan kemampuan tertentu. Contohnya: “My brother learn how to ride bicycle” (adik laki-laki saya belajar mengendarai sepeda).

Study, biasanya digunakan saat kita dalam proses mempelajari sesuatu berupa pengetahuan. Seperti saat kita belajar Sejarah di kelas, di mana sedang menjelaskan teori di depan kelas. Contohnya: “My sister studies History for exam” (kakak perempuan saya belajar sejarah untuk ujian).

  1. Say vs. Tell

Kata say dan tell sama-sama memiliki arti, yaitu berkata atau mengatakan.

Say digunakan untuk menandakan kalimat langsung maupun tidak langsung. Contohnya: Untuk kalimat langsung “They say I’m friendly” (mereka bilang saya ramah). Lalu untuk kalimat tidak langsung “He said he wanted to see you” (Dia bilang ingin bertemu denganmu).

Tell penggunaan ini biasanya diikuti dengan personal object seperti “me” “us” “her” dan seterusnya. Contohnya: “Tell me what you want to learn” (beritahu saya apa yang ingin kamu pelajari).

  1. Listen vs. Hear

Kedua kata ini memilki arti sama, yaitu dengar atau mendengarkan.

Hear, biasanya digunakan ketika kita mendengar sesuatu yang tidak disengaja. Artinya, kita tidak ada rencana atau berusaha untuk mendengar hal yang didengar mau tidak mau. Contohnya: “Do you hear strange voice from kitchen?”

Berkebalikan dengan sebelumnya, kalau listen berarti kita memang secara sengaja ingin mendengarkan sesuatu dengan seksama. Bisa juga digunakan untuk meminta seseorang untuk mendengarkan ucapan kita. Contohnya: “Please listen to me carefully”.

  1. Advice vs. Advise

Advice dan advise memiliki arti yang sama, yaitu “saran”. Advise adalah kata kerja sedangkan advice adalah kata benda sehingga yang membedakan adalah bagaimana cara kita mendapatkannya.

Advice berarti kita menerima saran dari orang lain. Contohnya: “Thank you for your advice” (terima kasih atas saran kamu)Sedangkan, advise berarti kita memberikan saran untuk orang lain. Contohnya: “I advise Anggy to have some rest” (saya menyarankan Anggy untuk istirahat).

Itulah beberapa kata yang mempunyai arti sama tetapi beda penggunaannya. Kalau kamu ingin tau lebih banyak dan ingin belajar bahasa inggris lebih lanjut bareng guru privat bisa banget nih atau mungkin butuh jasa translator bahasa inggris buat kebutuhan sekolah/kuliah? Kami NATA Center menyediakan jasa guru privat kerumah dan jasa penerjemah bahasa asing loh. Berminat? Langsung aja hubungi Admin 081214140044

Sumber : blog.ruangguru.com

Gambar : Anakpintar.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *