Inilah 5 Hewan Paling Beracun di Seluruh Dunia!

Apa kabar Sahabat Nata? Coba tebak, kira-kira apa hewan paling beracun di dunia? Apakah laba-laba atau ular kobra? Mereka mungkin ada dalam daftar, namun yang paling beracun bisa jadi belum kamu duga sebelumnya. Dilansir dari Conservation Institute, berikut urutannya dari 5 besar hingga yang paling beracun. Kamu bisa menanyakan fakta-fakta lainnya pada Guru Les Privat IPA atau Guru Les Privat Biologi bareng NATA Private.

5. Kalajengking Kuning Israel (Leiurus quinquestriatus)

Sangat Mematikan, Inilah 10 Hewan Paling Beracun di Seluruh Dunia! 
Kalajengking Kuning Israel | Sumber : wikimedia.org

Kalajengking ini berwarna kuning pucat dan bening dan biasanya ditemukan di Timur Tengah dan Afrika Utara. Racun kalajengking ini sangat berbahaya karena menyebabkan rasa sakit dan gagal bernapas. Mereka yang punya masalah jantung atau alergi jangan sampai terkena sengatannya karena bisa berakibat kematian.

 

4. Gurita Cincin Biru (Hapalochlaena) (punya racun yang bisa membunuh 26 orang dewasa sekaligus)

Sangat Mematikan, Inilah 10 Hewan Paling Beracun di Seluruh Dunia! 
Gurita Cincin Biru | Sumber: yourshot.nationalgeographic.com

Gurita cincin biru jadi salah satu hewan paling berbisa di laut. Gurita cincin biru biasa ditemukan di sekitar Australia, Jepang, Indonesia, Filipina dan Papua New Guinea. Racun dari hewan ini dapat menyebabkan kebutaan, mual, kelumpuhan, kegagalan pernafasan dan kematian.

 

3. Siput Kerucut Marmer (Conus marmoreus) (antiracun belum ditemukan hingga sekarang)

Sangat Mematikan, Inilah 10 Hewan Paling Beracun di Seluruh Dunia! 
Siput Kerucut Marmer | Sumber: australiangeographic.com.au

Hewan bercangkang kerucut ini punya racun yang sangat berbahaya. Gejala ringannya, yaitu rasa sakit, peradangan, mati rasa dan kesemutan. Namun dalam dosis tinggi, kamu bisa kehilangan penglihatan, gagal napas, kelumpuhan otot dan kematian.

Sampai sekarang, belum ada antiracun yang tersedia, sehingga belum ada cara untuk mengobati korban. Itu sebabnya, siput kerucut marmer dinilai sebagai salah satu hewan paling beracun di dunia.

 

2. King Cobra (Ophiophagus hannah)

Sangat Mematikan, Inilah 10 Hewan Paling Beracun di Seluruh Dunia! 
King Cobra | Sumber: kids.nationalgeographic.com

Ular ini dikenal sebagai hewan paling beracun di dunia. Mereka biasanya ditemukan di hutan India dan Cina. Ular ini mudah dikenali dari tudung lebar dan kemampuan untuk meludahkan racun mereka.

Racun itu sangat menyakitkan dan bisa langsung masuk ke aliran darah. Racun tersebut dapat menyebabkan kematian dalam waktu yang sangat singkat. Sebanyak tujuh ml racun dari hewan ini cukup untuk membunuh seekor gajah atau 20 manusia.

 

1.Ubur-Ubur Kotak (Cubozoa)

Sangat Mematikan, Inilah 10 Hewan Paling Beracun di Seluruh Dunia! 
Ubur-Ubur Kotak | Sumber: nationalgeographic.com

Ubur-ubur ini mendapat pengakuan sebagai hewan paling beracun di dunia. Ubur-ubur ini banyak mengapung di perairan sekitar Asia dan Australia. Bentuknya sangat transparan sehingga hampir tidak terlihat jika kamu mencarinya. Tentakel ubur-ubur kotak menghasilkan nematocysts.

Setelah racun mencapai darah, tekanan darah akan meningkat. Ini dapat menyebabkan serangan jantung dan berujung kematian. Jika disengat oleh salah satu ubur-ubur ini, jangan menempelkan es atau kompres panas. Lebih baik merendam luka dengan cuka selama setengah jam sembari korban dilarikan ke rumah sakit.

Berhubung kamu bukan ahli hewan, jika kamu menemui mereka, segera menjauh ya. Hewan-hewan tersebut tentunya punya insting mempertahankan diri yang kuat. Salah mendekat, bisa-bisa kamu terkena racun mereka.

 

Gimana fakta-fakta unik seputar 5 hewan paling beracun tadi? Menarik bukan? Kamu bisa mengetahui fakta-fakta lainnya seputar ilmu pengetahuan alam lainnya yang lebih seru dan mengetahui penjelasan lebih lanjut pada Guru Les Privat IPA atau Guru Les Privat Biologi  yang bisa datang kerumah dan bisa kamu tanya kapanpun, dimanapun dan apapun karena NATA Private akan menyediakannya khusus buat kamu yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Berminat? Langsung aja hubungi admin 081214140044.

Sumber: idntimes.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *