4 Strategi Seimbangkan Kegiatan Akademik dan Organisasi

Halo sahabat NATA khususnya buat kalian para aktivis di kampus atau mahasiswa baru yang punya keinginan berorganisasi tapi takut kegiatan akademik terabaikan. Kali ini kami akan membahas artikel mengenai bagaimana strategi untuk seimbangkan kegiatan akademik dan organisasi. Yuk cek artikel berikut!

Selain soal akademik, di kampus juga erat kaitannya dengan kehidupan organisasi. Misalkan tipe organisasi di kampus itu berbentuk BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) atau UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang bermacam-macam dan kita dapat memilih lebih dari 1 UKM yang ingin kita ikuti untuk mengasah sofskill yang kita punya. Sebagian mahasiswa berpikir bahwa mengikuti organisasi hanya akan menyita waktu, tenaga dan pikiran.

kegiatan mahasiswa (les private mahasiswa di bandung NATA Private natacenter.com)
Les Privat Mahasiswa di Bandung NATA Private natacenter.com

Ada yang yang terlalu aktif berorganisasi, tak jarang mereka lantas lupa dengan tugas utamanya untuk belajar, ada juga yang terlalu memikirkan akademik sehingga mereka sulit bersosialisasi dan tidak dapat mengasah softskill yang dimiliki. Berorganisasi dan belajar memang seperti dua sisi keping mata uang. Bebeda tetapi berkaaitan dan akan saling mendukung. Supaya tidak kebingungan dengan sulitnya mempadupadankan kegiatan akademik dan kegiatan organisasi di kampus, yuk cermati strategi berikut ini:

  1. Cermati Jadwal Kuliah
    Akan banyak waktu yang berbenturan kegaiatan akademik atau perkuliahan dan kegiatan organisasi, sehingga mahasiswa penggiat kegiatan kampus sering mengalami kebingungan dalam mengatur waktu. Biasanyaa itu terjadi karena adanya godaan saat mulai memasuki bangku kuliah. Pada awal-awal perkuliahan biasanya dijejali SKS yang cukup padat tetapi ketertarikan mahasiswa baru pada kegiatan UKM atau organisasi kampus sangat besar karena pertama kalinya mengikuti kegiatan organisasi yang berbeda dengan organisasi di sekolah.
    Baiknya, kita harus mengecek terlebih dahulu beban SKS sebelum kita memutuskan untuk bergabung dengan suatu UKM atau organisasi kampus lainnya. Dari sini kita bisa memutuskan apakah jadwal organisasi akan ‘bentrok’ dengan jadwal kuliah atau tidak. Supaya kita tetap bisa bertanggung jawab dengan kedua amanah tersebut.
  2. Seimbangkan Proporsi Waktu
    Pembagian waktu merupakan kunci penting untuk menyeimbangkan waktu kuliah dengan berorganisasi. Pasti ada waktunya berat sebelah pada salah satu aktivitas tetapi diusahakan jangan terus-terusan begitu.
    Ketika ada jadwal bentrok antara kegiatan akademik dan organisasi, kita harus memilih salah satunya yang lebih mendesak dan deadlinenya lebih awal. Misalkan saat jadwal kuliah pengganti dan jadwal organisasi bersamaan atau jadwal mengerjakan tugas dengan jadwal UKM bersamaan, tentu kita harus memilih mana yang lebih mendesak saat itu diperhatikan jangka waktunya juga. 
  3. Buat Target dan Agenda Pencapaian yang Realistis
    Buat catatan target apa saja yang ingin kalian raih semasa kuliah. Seperti ingin mendapat IP tinggi, ingin mengikuti lomba tingkat internasional. ingin mengikuti organisasi kampus yang dapat mengasah sofskill kita, dan lain sebagainya.
    Selain itu, buatlah prioritas pekerjaan dan fokuskan pikiran untuk menyelesaikan urusan satu persatu. Jadi kita harus membuat list pekerjaan mana yag harus kita selesaikan terlebih dahulu, apakah amanah perkuliahan atau amanah organisasi yang lebih mendekati deadline. 
  4. Taat Rencana
    Jika rencana dan agenda telah dibuat hal berikutnya yang perlu ditaati adalah mentaati apa yang sudah dirancang. Memang akan berat diawal, dengan keyakinan tentu rencana baik akan menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari.
    Dan jangan melupakan rencana awal saat masuk kuliah itu apa, kewajiban utama kita sebagai mahasiswa itu apa. Sangat dianjurkan untuk berorganisasi yang pasti jangan sampai lupa rencana awal kita

Nah gimana sahabat NATA? Udah ga bingung lagi kan cara menyeimbangkan kegiatan akademik dan organisasi? Itulah 4 startegi buat kalian para aktivis kampus biar ga kebingungan lagi. Kalau kalian sibuk banget sama jadwal kuliah dan organisasi tapi tetep pengen les privat bisa banget. NATA Privat membuka Les Privat untuk mahasiswa semua jurusan, gurunya yang datengin kalian loh! Berminat? Hubungi 081214140044 (Admin)

____________________________________________________________________________

~NATA Private~
Website: www.natacenter.com
Media Sosial:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *