3 Strategi Menghafal Vocab Dengan Cepat

Hai Sahabat NATA, how are you today? Hope you’re all great!!, Amiin.

Kalian sering ngalamin ngak sih, setelah capek-capek menghafal vocabularies tapi ternyata sehari kemudian vocabularies itu seakan menghilang begitu saja di otak kita dan engak tau nyelip di mana? hehehe. Seperti yang sudah kita ketahui, Vocabularies bisa dibilang komponen terpenting dalam belajar bahasa Inggris dan menjadi tolak ukur kesuksesan seseorang dalam mempelajari Bahasa Inggris.

Semakin banyak vocabularies yang kita hafal dan bisa kita aplikasikan dalam percakapan, semakin dekat kita dalam menggapai impian bisa berbahasa Inggris. betulkan? Nah, di bawah ini ada stratregi jitu untuk menghafal vocab dengan cepat.

  1. CONSTRUCT SENTENCES

Construct sentences adalah teknik menghafal vocabularies yang sangat mudah dan sangat membantu untuk meningkatkan kemampuan writting dan speaking dalam bahasa inggris. Cara-caranya sebagai berikut:

  1. Membuat kalimat dari vocabularies tersebut
  2. Mengulang-mengulang terus kalimat tersebut dengan membacanya keras-keras
  3. Buatlah kalimat lagi yang masih berkaitan dengan kalimat pertama Ulang lagi kalimat-kalimat tersebut hingga terbentuk sebuah paragraf
  4. Sambungkan kalimat 1 dengan kalimat yang lain dengan menggunakan conjuction
  5. Bacalah paragraf-paragraf tersebut hingga benar-benar hafal. Ingat jangan pikirkan kalimat itu benar atau salah. Buat saja dan hafalkan

Contohnya:

  • Bankrupt menjadi He is bankrupt Ucapkan keras-keras hingga fasih mengucapkannya, lalu buat lagi kalimat dari kata yang bebeda. Misal;
  • Bicycle menjadi His bicycle is broken Gabungkan semua kalimat tersebut menjadi
  • My little Brother is brankupt because His bicycle is broken. 
  1. PHARSE NOT WORD

Kesalahan yang banyak terjadi pada pelajar bahasa inggris adalah menghafal word by word (kata perkata), menghafal kata perkata sangat tidak baik dan tidak ada gunanya. Menghafal vocabularies hendaknya dengan cara membuat Phrase.

Contoh: Jika kita menghafal kata “Temple/Candi” Kita tidak boleh menghafal hanya kata tersebut. Buatlah Pharse dari kata “Temple” Misal Beautiful Temple Candi yang cantik/Indah. Contoh lainya seperti:

Beautiful Temple (Candi yang cantik) Huge Temple ( Candi yang besar) Good picture (foto bagus) Black coffee (kopi hitam)  Aromatic black coffee(kopi hitam beraroma sedap).

Terus saja buat dan hafalkan phrase , semakin banyak phrase maka semakin tajam pemahaman kita tentang bahasa Inggris.

  1. FEEL THE WORD AND RELEASE YOUR IMAGINATION 

Mempelajari Bahasa inggris juga harus pakai perasaan dan Imajinasi. Kita akan sangat sulit menghafal vocab jika kita tidak pernah merasakan dan mencerna dengan seksama vocab yang kita hafalkan. Maka mulai sekarang rasakanlah dan bebaskan imajinasimu ketika menghafal vocabularies yah.

Misal: Anggap saja kita akan menghafal kata “Plate” atau piring Plate = Imajinasikan teman perempuan anda suka belanja di Plaza untuk membeli piring tapi orangya sangat Plit (plesetan dari Pelit). Dari situ anda bisa merasakan ada persamaan pengucapan antara Pla = plit = plate dan juga langsung dapat maknanya “piring”. Misal lagi, kita akan menghafal kata “Mirror” yang artinya KACA. Mirror : Imajinasikan saja bahwa anda sedang makan di dalam ruangan penuh KACA, yang anda makan adalah Mie rebus campur telor yang disingkat MIRROR.

Jika anda bisa mengimajinasikan setiap kata yang anda hafal, maka akan sangat Menarik menghafal vacabularies dan anda tidak akan cepat bosan.

Itulah strategi buat kalian yang sedang berusaha menghafal vocabulary , semoga bermanfaat yahh. Kalau kalian butuh guru les privat bahasa inggris di Bandung, kami NATA Privat menyediakan privat berbagai pelajaran yang kamu butuhkan. Jika berminat langsung hubungi kontak kami disini

Sumber : https://ngeinggris.blogspot.com/2015/09/3-jurus-menghafal-vocab-cepat-dan-tidak.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *